Return to site

Mengukus Adalah Cara Memasak Sayuran Yang Terbaik Untuk Pasien Diabetes

January 31, 2022

Banyak sayuran yang kaya akan vitamin A, C, K, berbagai mineral, dan beberapa vitamin B. Sayuran adalah makan alami yang mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang disebut "fitonutrien." Sayuran umumnya memiliki skor indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah Anda dengan signifikan dan baik untuk pasien diabetes. Sayuran merupakan makanan yang tinggi serat, yang memiliki banyak manfaat untuk diabetes.

Tapi bagaimana Anda mendapatkan manfaat tersebut? Lebih penting lagi, bagaimana Anda membuat sayuran terasa cukup enak sehingga Anda ingin memakannya? Jawabannya adalah tergantung bagaimana Anda memasaknya. Mengukus adalah saran memasak sayuran yang sangat dianjurkan.

Mengukus berarti memasak sayuran di atas air mendidik, tetapi tidak sampai terkena air mendidih, tentu orang Indonesia sudah sangat paham dengan metode memasak dengan cara mengukus. Anda dapat mengukus dengan menggunakan panic yang dilengkapi dengan saringan. Anda harus menutup panci dengan rapat agar uap tetap berada dalam panci untuk membuat sayur menjadi matang. Dan jangan lupa untuk gunakan air secukupnya untuk menghasilkan uap.

Sebuah penelitian dari Universitas Zhejiang di China membandingkan nutrisi dalam brokoli dengan cara dikukus, direbus, ditumis, ditumis diikuti dengan perebusan, dan microwave. Brokoli kukus menyimpan lebih banyak nutrisi. Penelitian lain menemukan hasil serupa pada sayuran lain, kecuali wortel. Karena, wortel justru meningkatkan kandungan beta karotennya saat direbus. Dan satu hal yang juga perlu Anda ingat, dan ini merupakan metode yang terbaik adalah menjaga waktu memasak, suhu, dan jumlah cairan seminimal mungkin

Memasak lebih baik daripada mentah

Banyak orang yang suka makan sayuran mentah, mereka berpikir makan dengan mentah akan menjaga nutrisinya, namun melakukan hal ini juga belum tentu menjadi cara yang terbaik. Memasak memecah serat yang tidak larut. Pelunakan ini membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi dari sayuran yang dimasak daripada yang mentah.

Ini adalah bagian dari evolusi memasak, yang memungkinkan manusia untuk makan jauh lebih baik. Kita bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan dengan memasak. Tentu saja, sesekali salad atau kecambah mentah tidak masalah untuk Anda konsumsi.