Return to site

Diabetes Tipe 1: Bagaimana Saya Mengatur Kadar Gula Darah Saya?

February 3, 2022

Menjaga kadar gula darah mendekati normal terkadang menjadi tantangan. Tetapi Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran orang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu menjaga pola hidup sehat dan menjalankan apa yang seharusnya dilakukan berdasarkan petunjuk dokter. Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang membutuhkan perawatan intensif seumur hidup. Anda harus disiplin dalam menjalankan semua perawatan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap normal.

1. Suntik insulin dan pil (jika ada dari dokter)

Insulin adalah pengontrol gula darah utama untuk tubuh Anda. Jika tubuh Anda tidak dapat memproduksi insulin karena mengalami diabetes tipe 1, maka suntik insulin wajib Anda lakukan setiap hari sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter. Anda tidak boleh menghentikan suntik insulin meskipun Anda merasa sehat dengan alasan apa pun. Banyak pasien diabetes tipe 1 yang menghentikan suntik insulin karena mereka merasa sudah sehat. Ketika Anda menghentikan suntik insulin, dalam beberapa bulan Anda akan mengalami komplikasi yang akan mengancam hidup Anda.

2. Ikuti rencana makan Anda

Makanan adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Tetapi bagi pasien diabetes tipe 1 maupun tipe 2, menjaga pola makan sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Maka dari itu, Anda harus memiliki rencana makan yang baik yang sesuai dengan saran dokter Anda. Anda perlu mengetahui kebutuhan karbohidrat dan gula darah Anda. Dengan demikian, Anda tidak asal melakukan diet atau makan yang berlebihan.

3. Periksa kadar gula darah Anda sesering mungkin dan buat perubahan dengan bantuan tim perawatan kesehatan diabetes Anda

Memeriksa kadar gula darah itu penting untuk Anda lakukan. Karena dari sini Anda dapat memantau kondisi Anda. Dokter juga menjadikan hasil tes gula darah yang Anda lakukan untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Jika Anda tidak memeriksa kadar gula darah secara teratur, dokter pun akan mengalami kesulitan untuk melakukan diagnosis.

5. Kunjungi dokter dan tim perawatan kesehatan diabetes Anda secara teratur

Ketika Anda mendapatkan insulin yang teratur, Anda akan terlihat seperti orang sehat pada umumnya. Namun ingat, jangan meremehkan kondisi tersebut dan menganggap Anda sudah sembuh. Selalu memeriksakan kondisi kepada dokter secara rutin, akan membantu Anda melakukan penyesuaian pengobatan, rencana makan dan tindakan yang perlu ditambah maupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

6. Pelajari sebanyak mungkin tentang diabetes

Ada banyak resource yang dapat Anda temukan secara online, jadikan media tersebut untuk dijadikan tempat Anda mengenali penyakit diabetes. Semakin Anda mengenal bagaimana diabetes memberikan efek berbaya dengan Anda. Maka, semakin baik pula Anda melakukan tindakan pencegahan agar Anda terhindar dari komplikasi.