Return to site

Tips-Tips Untuk Menjaga Aktivitas Fisik Bagi Pasien Diabetes

March 10, 2021

Menjadi seorang pasien diabetes seharusnya tidak membuat Anda membatasi aktivitas sebagaimana Anda hidup tanpa diabetes. Anda harus tetap aktif dan diimbangi dengan pola hidup sehat. Membiasakan diri tetap aktif merupakan cara terbaik bagi pasien diabetes dalam mengontrol kadar gula darah. Pola hidup sehat lainnya yang dapat dilakukan oleh pasien diabetes seperti mengatur pola makan dan aktivitas fisik dapat membantu pasien diabetes tetap sehat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat melakukan pola hidup sehat guna menjaga kondisi kesehatan. Berikut  adalah beberapa tips untuk manajemen diabetes yang dapat anda lakukan:

1. Selalu rutin berolahraga

Rajin berolahraga merupakan metode yang baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pasien diabetes dan juga bagi non-pasien diabetes. Karena, dengan berolahraga, tubuh Anda akan membakar sebagian gula yang berada di aliran darah Anda untuk dijadikan sebagai energi bagi otot. Olahraga ini adalah cara yang paling mudah dan paling murah yang dapat Anda lakukan untuk manajemen diabetes. Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa, sebagai pasien diabetes Anda juga perlu memilih jenis olahraga yang tepat untuk Anda lakukan. Beberapa jenis olahraga yang dapat dipilih oleh pasien diabetes diantaranya adalah dengan jalan santai, berenang dan olahraga ringan lainnya yang tidak menghabiskan banyak energi dan tidak membuat Anda kelelahan. Untuk mengetahui jenis olahraga yang paling tepat untuk Anda adalah dengan berkonsultasi pada dokter.

2. Selalu memeriksa gula darah

Memriksa gula darah dengan rutin adalah bagian dari manajemen diabetes yang harus Anda lakukan. Anda harus memeriksakan kondisi gula darah Anda sebelum beraktivitas fisik, setelah makan dan juga sebelum tidur. Jika Anda menemukan gula darah Anda dibawah standar normal tubuh Anda, maka Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang dapat menambah kadar gula darah. Sedangkan jika berada di atas rata-rata, maka Anda dapat melakukan sedikit aktivitas fisik.

3. Minum air putih yang lebih banyak

Jika Anda melakukan aktivitas fisik, Anda harus menambah konsumsi air putih. Karena dengan air putih ini akan membantu menjaga tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Air putih juga membantu Anda dalam manajemen diabetes. Jadi, selalu siapkan botol air minum disebelah Anda Ketika melakukan aktivitas fisik agar Anda tidak lupa untuk segera minum setelahnya.

4. Menjaga asupan makanan sehat setelah beraktivitas fisik

Menjaga asupan makanan sehat adalah kunci keberhasilan manajemen diabetes selain aktivitas fisik yang Anda lakukan. Selalu menyiapkan makanan sehat untuk membantu menjaga Kesehatan Anda sangat penting. Menyiapkan makanan sehat didekat Anda juga akan membantu menghindarkan Anda dari mengonsumsi makanan tidak sehat setelah beraktivitas fisik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com