Return to site

Tips Mengontrol Gula Darah Saat Berpuasa

April 30, 2021

Berpuasa sulit bagi seorang pasien diabetes, namun Anda juga harus bisa memastikan bahwa diri Anda siap untuk berpuasa tanpa mengorbankan diri Anda. Ketika Anda terlalu memaksakan kehendak tanpa pengetahuan akan penyakit yang Anda miliki, maka Anda berada pada ancaman serius dalam berpuasa. Berikut kami akan memberikan beberapa tips untuk mengontrol kadar gula darah saat Anda menjalankan puasa Ramadan yang mungkin perlu Anda ikuti.

1. Pendekatan perorangan bagi pasien diabetes 

Karena puasa adalah keputusan pribadi dan untuk menjalankan perintah-Nya, maka pasien diabetes perlu melakukan perawatan medis yang tepat. Untuk itu, disarankan untuk mendekati pasien diabetes yang berpuasa sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing. Dengan kata lain, tetap berhubungan dengan penyedia layanan kesehatan akan membantu mengelola/mencegah komplikasi akut yang dialami selama puasa. Terutama ketika Anda harus mengubah terapi pengobatan yang Anda ikuti.

2. Pemantauan glikemik secara teratur

Karena segala sesuatu mungkin terjadi akibat osilasi dalam kadar gula darah, Anda disarankan untuk memeriksanya beberapa kali sepanjang hari, terutama bila menyangkut pasien yang menjalani perawatan insulin.

3. Perubahan Pola Makan

Ketika berpuasa, penderita diabetes harus mengikuti pola makan yang benar dan sehat. Mencegah diri agar terhindari dari stres selama berpuasa. Seorang yang memiliki kesehatan disarankan untuk makan makanan tinggi karbohidrat dan lemak saat berbuka puasa. Sementara mereka juga disarankan untuk makan makanan yang kaya protein pada saat sahur. Ini tidak sama untuk pasien diabetes. Karena makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana dapat memasok gula dalam jumlah besar untuk waktu yang singkat, risiko untuk mengalami hiperglikemia (pada tingkat yang ekstrim) sangat tinggi; Oleh karena itu, karbohidrat kompleks adalah pilihan terbaik.   

4. Tetap berolahraga

Jangan melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan energi untuk menghindari hipoglikemia. Anda cukup melakukan aktivitas seperti berjalan kaki, terutama setelah 2 jam setelah berbuka puasa. Namun, Anda juga perlu melakukan beberapa olahraga ringan yang harus Anda jalani.