Return to site

Tips Agar Panjang Umur Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

September 23, 2020

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, risiko Anda mengalami masalah kesehatan yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung dan ginjal lebih besar daripada orang tanpa diabetes. Namun, itu tidak berarti tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk melakukan tindakan pencegahan. Berikut enam hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meminimalkan faktor risiko dalam hidup Anda, meningkatkan umur panjang dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara umum.

1. Ubah pola makan Anda

Pola makan sehat adalah langkah pertama untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan gula darah yang tidak seimbang. Cobalah untuk merencanakan semua makanan Anda sebelumnya. Pastikan masing-masing memiliki keseimbangan yang sehat antara sayuran, buah-buahan, lemak, pati dan protein. Lakukan yang terbaik untuk menghilangkan kelebihan natrium, lemak, dan gula dari makanan Anda.

2. Lebih banyak berolahraga

Cara lainnya untuk meningkatkan umur panjang dan melindungi diri dari penyakit jantung adalah menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan untuk melakukan setidaknya dua setengah jam aerobik intensitas sedang setiap minggu. Aerobik intensitas sedang termasuk jalan cepat, bersepeda, dan berkebun. CDC juga merekomendasikan melakukan latihan kekuatan selama dua hari berturut-turut setiap minggu. Pastikan untuk menggabungkan semua kelompok otot utama, termasuk lengan, kaki, pinggul, dada, bahu, perut, dan punggung.

3. Perhatikan level diabetes yang Anda miliki

Level diabetes tipe 2 biasanya dikaitkan dengan tingkat tekanan darah, gula darah dan kolesterol yang tinggi atau tidak seimbang. Jadi, sebaiknya pantau level Anda dari ketiganya. Dokter Anda harus memeriksanya secara teratur, tetapi Anda juga dapat memeriksa tekanan darah dan kadar gula darah di rumah dengan alat yang tersedia di toko kesehatan. Anda dapat membeli alat monitor tekanan darah dan gula darah di rumah secara online atau di apotek terdekat.

Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang waktu dan frekuensi yang mereka rekomendasikan untuk pemeriksaan glukosa darah. Kemudian mulailah merekam semua data Anda dalam jurnal atau spreadsheet dan bawa catatan Anda untuk diperiksa dengan dokter Anda di setiap pemeriksaan.

4. Kontrol stres Anda

Tingkat stres yang meningkat seringkali dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung jika Anda menderita diabetes. Jika Anda merasa stres atau cemas secara terus-menerus, ada sejumlah teknik sederhana yang dapat Anda pelajari sendiri untuk membantu mengurangi stres. Seperti, pernapasan dalam, meditas, dan latihan relaksasi otot progresif yang mana semua ini mudah dipelajari dan dapat dilakukan dalam 10 menit atau kurang.

5. Berhenti merokok

Semua orang tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan, tetapi bagi penderita diabetes tipe 2, efek bahayanya bisa lebih parah. Asap rokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda secara signifikan. Itu juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk sejumlah masalah serius seperti penyakit ginjal, masalah penglihatan, dan kerusakan saraf. Terlepas dari berapa lama Anda menjadi perokok, berhenti selalu menjadi pilihan. Buatlah komitmen untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang metode berhenti yang paling efektif untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com