Return to site

Tanda-Tanda Mengalami Hipoglikemia & Hiperglikemia Yang Harus Anda Ketahui

August 3, 2020

Anda yang baru mengalami kondisi di mana kadar gula rendah dankadal gula darah tinggi mungkin baru mengenal ungkapan hipoglikemia dan hiperglikemia. Karena kondisi ini juga merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan diabetes, maka dari itu, kami akan memberikan beberapa gejala dan tanda-tanda hiperglikemia dan hipoglikemia.

Apa itu Hipoglikemia?

Hipoglikemia adalah kondisi di mana kadar gula darah di bawah 70mg/dl (3,9 mmol/l) biasanya dianggap hipoglikemia (gula darah rendah), dan dapat menyebabkan iritabilitas, linglung, kejang dan pingsan untuk posisi gula darah yang ekstrem. Untuk Anda yang ingin memperbaiki kondisi hipoglikemia, pasien biasanya menggunakan karbohidrat yang bekerja cepat untuk mengembalikan gula darahnya menjadi normal. Dalam kasus yang ekstrim atau kondisi parah, pasien perlu injeksi glukagon. Bagi Anda yang masih belum mengerti tanda-tanda dari hipoglikemia, berikut adalah beberapa gejala hipoglikemia yang kami rangkunm dari beberapa website mulai dari gejala awal hingga gejala yang parah:

  • Tanda-tanda dan gejala awal pada Hipoglikemia, untuk tanda-tanda awal atau ringan dapat dirasakan dengan kondisi tubuh  gemetar, pusing, berkeringat, lapar, mudah marah atau murung, gelisah atau gugup, dan sakit kepala
  • Gejala hipoglikemia pada malam hari, pada saat Anda tidur, seprai atau pakaian tidur yang Anda gunakan sering basah sedangkan suhu ruangan sangat normal, kelelahan, mudah marah atau atau sering mengigau saat tidur dan bingung saat terbangun.
  • Gejala hipoglikemia yang parah, ketika Anda terkena hipoglikemia yang parah, gerakan Anda menjadi tersentak-sentak, kelemahan otot, kesulitan berbicara atau bicara berubah menjadi cadel, pandangan kabur atau ganda, kantuk, linglung, kejang-kejang dan pingsan.

Apa itu Hiperglikemia?

Suatu kondisi di mana tingkat glukosa darah lebih dari 180 mg / dl (10 mmol / l) disebut dengan hiperglikemia (gula darah tinggi), ketika Anda mengalami masalah ini, gejala awal yang akan dirasakan adalah mual, kelelahan, dan akhirnya menyebabkan komplikasi jangka panjang. Untuk menyembuhkan atau perawatan ketika mengalami hiperglikemia, pasien biasanya menggunakan suntikan insulin yang dapat bekerja cepat. Berikut adalah beberapa gejala hiperglikemia yang perlu Anda ketahui:

  • Tanda dan gejala awal hiperglikemia, sering buang air kecil, haus meningkat, penglihatan kabur, kelelahan, dan sakit kepala
  • Tanda-tanda dan gejala lanjutan, napas berbau buah, mual dan muntah, napas pendek, mulut kering, lemah, bingung, koma, dan sakit perut

Ilustrasi (c) Unsplash.com