Return to site

Tanda-Tanda Komplikasi Diabetes Pada Wanita Yang Berimbas Pada Kesuburan

December 29, 2020

Perlu Anda ketahui bahwa, tanda dan gejala awal komplikasi diabetes pada wanita, pada umumnya tidak ada banyak perbedaan dengan gejala yang terjadi pada pria. Akan tetapi, ada beberapa tanda komplikasi yang memang akan dialami oleh seorang wanita dan tidak dialami oleh pria. Berikut adalah tanda dan ciri khusus gejala komplikasi diabetes pada seorang wanita yang dapat mengganggu kesuburan yang perlu Anda ketahui.

1. Gatal dan nyeri pada alat kelamin serta infeksi jamur

Pertumbuhan jamur Candida albicans berlebih pada alat kelamin wanita dapat menyebabkan infeksi jamur pada alat kelamin dan jamur ini juga dapat meningkatkan sariawan mulut. Gejala infeksi jamur pada alat kelamin ini meliputi:

  • Miss V gatal dan nyeri

  • Keputihan

  • Sakit saat berhubungan.

Gejala sariawan pada mulut meliputi:

  • Bercak putih di mulut

  • Kemerahan dan nyeri

  • Kesulitan makan atau menelan

  • Gusi merah bengkak atau pipi bagian dalam.

2. Penurunan hormon libido

Wanita penderita diabetes dapat mengalami penurunan hormon libido, masalah aliran darah ke daerah genital, yang dapat menurunkan respons seksual dan orgasme, serta kerusakan saraf (neuropati diabetik) yang dapat mengakibatkan minimnya cairan. Hal ini pun akan memudahkan Miss V mudah iritasi,

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Ini adalah penyebab umum infertilitas wanita dan resistensi insulin. Hal ini dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti haid tidak teratur, jerawat, rambut kepala menipis, dan pertumbuhan rambut berlebih di wajah dan tubuh. Tingkat insulin yang tinggi juga meningkatkan risiko diabetes, dan sekitar setengah dari wanita dengan PCOS mengembangkan diabetes.

4. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK terjadi ketika bakteri masuk ke mana saja di saluran kemih, termasuk uretra, ureter, ginjal, dan kandung kemih. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria pada umumnya, dan lebih sering terjadi pada penderita diabetes karena gula dalam urin menjadi tempat berkembang biak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Itulah beberapa tanda dan gejala awal khusus diabetes pada seorang wanita yang dapat kami berikan. Maka dari itu, sebelum semua ini terjadi pada Anda, lakukan tindakan pencegahan sekarang juga dengan memperbaiki pola makan dan juga mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas secara rutin yang terbuat dari bahan 100% herbal. Untuk informasi pemesanan, silakan hubungi kami sekarang juga!

Ilustrasi (c) Unsplash.com