Return to site

Penyakit Jantung Disertai Diabetes Sangat Sering Terjadi!

November 14, 2022

Banyak faktor risiko dan mekanisme di balik diabetes tipe 2 dan gagal jantung, namun ada kurangnya panduan tentang cara merawat orang dengan kedua kondisi tersebut, menurut pernyataan ilmiah dari American Heart Association dan Heart Failure Society of America. Studi terbaru telah menemukan pengobatan untuk diabetes juga dapat meningkatkan hasil gagal jantung, menunjukkan interaksi antara dua kondisi.

Pernyataan tersebut merangkum apa yang diketahui tentang cara kerja diabetes dan gagal jantung dan cara terbaik untuk mengobati kondisi ketika terjadi secara bersamaan. Tapi itu juga mendorong dokter untuk mengoordinasikan perawatan dan pengobatan pasien yang memiliki kedua kondisi tersebut.

Tidak jarang seorang pasien menemui ahli jantung untuk gagal jantung dan kemudian mengunjungi dokter perawatan primer atau ahli endokrinologi untuk membantu mengelola diabetes. Tapi dokter perlu menyadari bagaimana obat yang digunakan untuk satu kondisi mempengaruhi hasil yang lain terhadap tubuh pasien/efek samping obat tersebut.

Sangat mudah untuk fokus pada masalah utama yang Anda tangani, seperti gagal jantung. Tetapi penting untuk memikirkan kondisi medis lain yang dimiliki pasien saat menjalankan terapi/pengobatan. Orang yang memiliki diabetes tipe 2, yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah, dua sampai empat kali lebih mungkin untuk mengalami gagal jantung daripada seseorang tanpa diabetes. Tetapi gagal jantung, suatu kondisi di mana jantung gagal memompa darah beroksigen secara efisien ke seluruh tubuh, juga merupakan faktor risiko diabetes.Kedua gangguan tersebut ditandai dengan resistensi insulin dan tingkat peradangan yang tinggi.

Orang yang memiliki kedua kondisi ini memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan hasil kesehatan yang lebih buruk - lebih banyak rawat inap, lebih banyak kunjungan ke unit gawat darurat, kematian lebih awal, dan kesehatan yang lebih buruk secara keseluruhan daripada orang yang hanya memiliki salah satu dari kondisi ini. Karena orang yang memiliki salah satu kondisi tersebut berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan yang lain, mereka harus mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan kesehatan.

Sangat penting untuk berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat dan makan makanan yang seimbang. Pasien diabetes juga perlu menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali. Metode pengobatan diabetes yang disebut inhibitor SGLT-2 dapat menurunkan gula darah pada orang dewasa. Tetapi berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa obat ini juga efektif dalam mengurangi risiko mengembangkan gagal jantung dan membantu mengelola kondisi pada mereka yang sudah memilikinya, mencegah rawat inap dan kematian terkait gagal jantung.