Return to site

Pentingnya Manajemen Diabetes Secara Mandiri

April 14, 2021

Saat Anda didiagnosis memiliki diabetes, informasi yang Anda terima bisa sangat banyak. Bahkan, Anda mungkin tidak tahu harus memulainya dari mana untuk mengelola diabetes. Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan pentingnya rencana pengelolaan diabetes, membahas cara mengontrol dan memantau kadar gula darah dengan melakukan pengujian. Mengubah gaya hidup yang perlu Anda lakukan berkaitan dengan makanan dan olahraga dan beberapa tips tentang cara membuat rencana pengelolaan diabetes

Pentingnya Manajemen Diabetes Secara Mandiri

Karena mengelola diabetes adalah bagian hidup yang berkelanjutan bagi siapa saja yang mengidapnya, menyusun rencana untuk selalu mengetahui semua masalah yang dapat muncul sangat penting untuk kesehatan yang baik. Tanpa perhatian yang tepat, kadar gula darah Anda dapat berfluktuasi dan menyebabkan masalah seperti hipoglikemia, ketoasidosis diabetik, atau hiperglikemia. Jika tidak ditangani dalam jangka waktu yang lama, masalah yang lebih serius dapat muncul seperti kerusakan organ yang dapat memengaruhi penglihatan, saraf, ginjal bahkan jantung.

Manajemen dan Pengujian Gula Darah

Bagian dari hidup dengan diabetes adalah memeriksa kadar glukosa darah Anda secara teratur untuk memastikan Anda berada di zona aman. Bergantung pada jenis diabetes yang Anda derita, tes gula darah Anda mungkin perlu dilakukan saat bangun tidur, sebelum makan, dua jam setelah makan, dan tepat sebelum tidur. Dalam beberapa kasus, pengujian yang lebih sering mungkin diperlukan. Jika kadar gula darah Anda tidak sesuai dengan yang seharusnya, untuk menaikkannya Anda bisa minum jus buah, minum soda biasa, makan permen keras atau minum tablet glukosa dan sebagainya. Anda mungkin juga perlu minum obat agar tetap dalam kadar gula darah yang ideal. Dokter Anda akan dapat memandu Anda melalui pilihan terbaik untuk kesehatan Anda dan merekomendasikan jumlah dosis, jika obat-obatan diperlukan.

Mengembangkan Rencana Manajemen Diabetes

Untuk menyusun rencana pengelolaan diri diabetes yang kohesif, Anda harus mengatur setiap aspek kehidupan dengan kondisi Anda untuk membuat jadwal harian yang menggabungkan strategi gaya hidup terbaik, kemudian mengembangkannya menjadi jadwal jangka panjang yang mencakup pemeriksaan kesehatan penting. Beberapa juga merasa terbantu dengan membuat jurnal untuk mencatat hasil tes, memantau kenaikan dan penurunan berat badan, memantau kebiasaan makan dan olahraga.

Image Source: Media Indonesia