Return to site

Orang Tua Memiliki Diabetes, Apakah Anda Juga Akan Terkena Diabetes?

January 4, 2021

Banyak orang yang mengatakan jika orang tua memiliki diabetes, maka anaknya akan otomatis akan terkena diabetes. Namun, ini bukanlah yang sebenarnya terjadi jika kita mengacu pada apa yang disampaikan dari berbagai penelitian. Memang, diabetes dapat menurunkan penyakit melalui gen kepada turunan, tapi tidak serta merta akan langsung dialami oleh keturunan. Artinya, penyakit diabetes ini ada yang memang muncul tanda-tandanya sejak lahir, ada pula yang baru bisa muncul ketika anak sudah dewasa. Maka dari itu, meskipun ada faktor genetikal di sana, jika tidak ada tanda-tanda kemunculan diabetes, itu artinya Anda bisa lepas dari diabetes sepenuhnya dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa, genetikal dari orang tua yang mengalami diabetes adalah untuk meningkatkan risiko Anda juga akan terkena diabetes. Karena jika mengacu pada hasil penelitian, menunjukkan bahwa keturunan dari penderita diabetes memiliki risiko 6x lebih besar mengalami diabetes dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki diabetes. Namun, itu hanya faktor, bukan penjamin Anda akan mengalami diabetes.

Maka dari itu, jangan pernah salah dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang disekitar Anda ketika mendengar jika orang tua Anda terkena diabetes, maka Anda juga akan terkena diabetes. Penyakit diabetes masih bisa Anda cegah, terlebih lagi jika Anda mampu melakukan manajemen pencegahan yang baik dan disiplin. Banyak orang yang memiliki orang tua yang mengalami diabetes ikut terkena diabetes dikarenakan ia tidak mampu melakukan manajemen dan menentang setiap masukan-masukan yang diberikan sebelum menderita diabetes.

Sebelum semuanya terlambat dan menyalahkan orang lain ketika terkena diabetes, lakukan tindakan pencegahan sebaik mungkin mulai dari sekarang. Karena, tidak ada yang bisa membawa Anda menjadi seseorang yang disiplin dalam melakukan tindakan pencegahan jika bukan dari Anda sendiri. Yang terpenting juga adalah, rawatlah orang tua Anda yang memiliki diabetes dengan baik dan melakukan tindakan perawatan yang benar. Hindari masukan-masukan yang tidak masuk akal dalam pengobatan seperti pengobatan spiritual yang tidak jelas, obat alternatif yang tidak memiliki izin dan sebagainya. Karena perawatan yang Anda berikan kepada orang tua Anda dapat mengurangi stress dari dalam dirinya. Rendahnya stress juga dapat membantu menjaga kadar gula darah penderita diabetes tetap terjaga tentunya diimbangi dengan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com