Return to site

Mencegah Diabetes Bagi Pekerja Kantoran

November 11, 2020

Karyawan yang membeli makanan tidak sehat di kantor dan juga melakukan diet tidak sehat dengan tidak makan-makanan berkarbohidrat namun cenderung banyak mengkonsumsi minuman manis, meningkatkan risiko penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine, menunjukkan bahwa karyawan di rumah sakit perkotaan besar yang membeli makanan paling tidak sehat di kafetaria lebih cenderung melakukan pola diet yang tidak sehat, dan sebagian lagi tidak memikirkan diet hingga mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Mereka ini adalah tipe-tipe seseorang yang lebih cenderung memiliki faktor risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan karyawan yang melakukan pembelian lebih sehat. Hasil riset ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang hubungan perilaku makan di tempat kerja dengan pola makan dan kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu membentuk program kesehatan di tempat kerja yang meningkatkan hasil kesehatan jangka panjang.

Program yang diberlakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan makan sehat dapat membantumengurangi tingkat obesitas pada karyawan-karyawannya. Program makan-makanan sehat ini pula akan membantu karyawan dalam mencegah diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa obesitas berkontribusi pada potensi karyawan lebih sering tidak masuk kerja, produktivitas yang lebih rendah dan biaya perawatan kesehatan yang lebih tinggi. Hasil riset ini tentu dapat mengarahkan perusahaan untuk mendorong strategi yang lebih efektif dalam mendorong karyawan memilih makanan yang lebih sehat dan mengurangi risiko kondisi kronis.

Program kesehatan yang dijalankan di tempat kerja berpotensi mendorong perubahan gaya hidup di antara populasi karyawan yang . Yang artinya, semakin sehat tim yang bekerja di perusahaan tersebut akan tetap berada pada level bekerja yang produktif. Ketika tim sehat dan produktif, pekerjaan yang diberikan akan bisa diselesaikan. Maka dari itu, Anda yang saat ini menjadi pekerja di suatu perusahaan dapat memulai mengkampanyekan makan sehat untuk rekan-rekan Anda. Untuk perusahaan, seharusnya ditengah kondisi seperti saat ini, Anda yang mengelola perusahaan harus lebih peduli pada karyawan-karyawan yang merupakan aset berharga bagi perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com