Return to site

Makan Makanan Yang Sehat & Seimbang Untuk Pasien Diabetes Tipe 1

March 1, 2021

Orang dengan diabetes tipe 1 harus lebih memperhatikan makanan dan camilan yang mereka konsumsi daripada orang yang bukan pasien diabetes. Pasien diabetes tipe 1 perlu makan makanan yang seimbang dan sehat dan lebih memperhatikan apa yang mereka konsumsi dan kapan mereka mengonsumsinya.

Mereka juga harus menyeimbangkan makanan yang mereka konsumsi dengan jumlah insulin yang mereka perlukan dan tingkat aktivitas sehari-harinya. Karena mengonsumsi beberapa jenis makanan akan menyebabkan kadar gula darah naik tanpa diketahui tanpa pengetesan. Sedangkan insulin dan olahraga akan membuat gula darah turun. Berapa banyak kenaikan kadar gula darah yang dihasilkan setelah makan tergantung pada jenis nutrisi yang dikandung makanan.

Tiga jenis nutrisi utama yang terdapat dalam makanan adalah karbohidrat (atau karbohidrat), protein, dan lemak, yang semuanya menyediakan energi dalam bentuk kalori. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah yang menyebabkan kadar gula darah naik paling banyak. Makanan yang sebagian besar mengandung protein dan/atau lemak tidak terlalu memengaruhi kadar gula darah. Tubuh kita membutuhkan semua nutrisi ini dalam jumlah yang berbeda untuk berfungsi secara normal.

Sebagai bagian dari pengobatan diabetes, Anda dan tim perawatan kesehatan diabetes akan membuat rencana makan diabetes tertulis yang akan mencakup makanan dengan semua nutrisi penting yang sesuai dengan tubuh Anda. Paket makanan ini biasanya terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam dengan camilan sehat untuk diabetes di antara waktu makan yang dijadwalkan.

Rencana makan diabetes tidak akan memberi tahu Anda makanan tertentu untuk dimakan, tetapi akan memandu Anda dalam memilih pilihan dari kelompok makanan dasar dan membantu Anda makan makanan bergizi dan seimbang. Setiap makanan dan kudapan dalam rencana makan bagi pasien diabetes tipe 1 mengandung sejumlah karbohidrat dan bekerja dengan jenis dan jumlah insulin yang Anda butuhkan.

Rencana makan Anda dibuat hanya untuk Anda, berdasarkan usia, tingkat aktivitas, jadwal, serta kesukaan dan ketidaksukaan Anda terhadap makanan. Ini juga harus fleksibel sehingga Anda tahu bagaimana menangani diabetes dalam situasi khusus seperti di pesta dan hari libur. Mengikuti rencana makan Anda akan mempermudah menjaga kadar gula darah Anda dalam jumlah yang sehat.

Selain memberi Anda gambaran tentang apa yang harus dimakan, rencana tersebut juga mungkin merekomendasikan untuk membatasi makanan yang mengandung banyak lemak atau kalori dan tidak mengandung vitamin dan mineral. Setiap orang yang makan makanan sehat harus membatasi makanan ini, karena makan terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan terlalu banyak atau masalah kesehatan jangka panjang seperti penyakit jantung.

Ilustrasi (c) Unsplash.com