Return to site

Lakukan Ini Jika Anda Memiliki Diabetes Sedang Melihat Banyak Makanan

November 21, 2022

Mengkonsumsi permen atau kue yang mengandung karbohidrat dan gula hampir menjadi kebiasaan untuk merayakan perayaan tertentu seperti Natal & Tahun Baru, memanjakan diri dengan manisan dan makanan gurih menjadi hal yang tak tertahankan. Bagi beberapa orang, merayakan Natal tanpa hidangan yang lezat dan manis mungkin akan terasa kurang karena ini momen penting untuk keluarga. Jadi, sembari Anda berhati-hati dengan beberapa pesta makan demi tradisi, sudah saatnya kita mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk mengakomodasi pesta makan selama musim liburan untuk kesehatan yang baik.

Makanan manis dan tinggi karbohidrat dapat memengaruhi kadar glukosa darah secara drastis, terutama bagi pasien diabetes. Statistik menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar gula darah yang sudah ada sebelumnya cenderung menunjukkan kenaikan kadar gula 15 hingga 18 persen selama dan setelah perayaan tertentu. Berikut adalah beberapa tips mengahdapi perayaan atau liburan bagi pasien diabetes

1. Menggunakan pemanis alami

Baik dalam perayaan atau tidak, pasien diabetes harus menghindari permen yang dibuat dari gula. Disarankan juga untuk menghindari pemanis buatan. Sebaliknya, menggunakan pemanis alami untuk menyiapkan manisan akan membantu tidak hanya menjaga kadar gula darah tetap terkendali tetapi juga akan memastikan tidak ada kompromi dalam rasa. Jangan makan yang manis-manis saat lapar. Makan dengan perut kosong membuat seseorang makan lebih banyak. Disarankan agar perut cukup kenyang sebelum mengonsumsi makanan manis.

2. Beralih menggunakan tepung gandum

Transisi ke tepung gandum dan hindari makanan olahan dari tepung biasa dan gula untuk menyiapkan makanan/kue manis. Tepung gandum utuh adalah pilihan yang jauh lebih sehat untuk seorang pasien diabetes.

3. Kacang-kacangan

Sertakan kacang-kacangan dan buah-buahan kering dalam diet. Almond, kenari, kurma, dan kismis hitam bergizi dan sehat dan cocok untuk camilan lezat yang ramah diabetes.

4. Ingat porsi

Perhatikan jumlah yang dikonsumsi. Mengonsumsi kue yang manis dalam jumlah terbatas boleh saja, tetapi menikmati dalam porsi yang berat, bahkan varian yang lebih sehat pun tidak dianjurkan dengan porsi yang berlebihan, Karena ini dapat meningkatkan kadar gula darah.

5. Perhatikan waktu

Hindari konsumsi makanan manis setelah jam 6 sore. Tingkat metabolisme tubuh melambat di malam hari, yang menghasilkan pembakaran kalori yang lebih sedikit atau tidak sama sekali. Oleh karena itu, cobalah dan hindari makanan manis setelah jam 6 sore.