Return to site

Komplikasi Diabetes Terhadap Mata Bagian 5: Edema Makula Diabetik (DME)

April 26, 2021

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan 4 artikel mengenai potensi komplikasi diabetes yang terjadi pada mata. Pada artikel kami kali ini, mungkin akan menjadi artikel penutup dari seri tersebut. Komplikasi yang terjadi karena diabetes terhadap mata selanjutnya adalah Edema Makula Diabetik atau DME. Komplikasi DME adalah suatu kondisi pada mata di mana terjadi kebocoran cairan dari pembuluh darah yang rusak pada retina yang menyebabkan pembengkakan di makula. Makula sendiri merupakan daerah paling sentral dari retina yang dapat memfungsikan mata untuk bisa melihat.

Pada pasisen diabetes yang mengalami komplikasi retinopati diabetik, dapat kehilangan penglihatan sebagian besar terjadi karena edema makula diabetik. Para ahli memperkirakan bahwa DME berkembang pada sekitar setengah dari pasien retininopati diabetic. Meskipun sebagian besar hal merusak penglihatan saat pasien yang mengalami komplikasi retinopati diabetik yang berkembang, namun, masalah penglihatan tidak melulu karena retinodiabetik, tetapi bisa terjadi selama tahap penyakit apa pun. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Anda dapat menghubungi dokter kepercayaan Anda.

Perlu Anda ketahui, saat ini DME ada dalam dua bentuk:

  1. DME fokal: Kelainan pada pembuluh darah mata menyebabkan DME fokal.
  2. DME difus: Pembengkakan / pelebaran melalui kapiler retinal (pembuluh darah tipis) yangmenyebabkan DME difus.

Tanda-Tanda atau Gejala Edema Makula Diabetik

Apabila Anda mengalami tanda-tanda DME berikut ini, sebaiknya Anda mulai segera memeriksakan diabetes dan mata Anda. Mungkin dengan penanganan yang lebih cepat, Anda dapat mengobati atau mencegahnya

  1. Penglihatan kabur
  2. Penglihatan ganda
  3. Kebutaan juga bisa terjadi jika tidak dirawat dalam waktu lama

Pilihan pengobatan yang harus dilakukan oleh pasien

Meskipun dokter mata menggunakan perawatan yang berbeda untuk DME difus dan DME fokal, keduanya memiliki kesamaan, yaitu prosedur laser. Mereka kebanyakan menggunakan "perawatan laser fokal" untuk merawat pasien DME fokal dan "perawatan laser grid" untuk mengobati DME difus, keduanya ditujukan untuk menghentikan kebocoran di makula.

Anda dan keluarga harus benar-benar memperhatikan kesehatan dan melakukan tindakan ketika Anda mengalami masalah apa pun terhadap mata Anda. Karena, komplikasi diabetes yang dapat merusak berbagai macam organ tubuh, tentunya ini sangat berbahaya untuk Anda. Melakukan manajemen diabetes yang baik adalah kunci utama agar Anda tetap seperti orang sehat pada umumnya. Menajaga pola makan, melakukan olahraga adalah upaya yang harus Anda lakukan. Untuk usaha tambahan dalam manajemen diabetes, Anda dapat mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas. Obat herbal ini terbuat dari ekstrak pare dan buncis yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu perawatan diabetes. Informasi pemesanan, silakan kunjungi halaman ini.