Return to site

Kenali Jenis Insulin Yang Dapat Digunakan Untuk Pasien Diabetes Tipe 1

January 2, 2023

Jika Anda membutuhkan insulin, dokter Anda akan merekomendasikan jenis tertentu tergantung pada gaya hidup Anda, jenis diabetes yang Anda miliki, dan kadar gula darah Anda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Anda mungkin memerlukan lebih banyak cakupan insulin pada waktu makan, semalaman, atau sepanjang hari. Saat ini terdapat 5 jenis insulin suntik dan 1 insulin inhalasi. Berikut adalah jenis insulin dan cara kerjanya  terhadap tubuh Anda.

  • Insulin kerja cepat bekerja dalam 15 menit 2 hingga 4 jam
  • Insulin regular bekerja dalam 30 menit 3 sampai 6 jam
  • Insulin kerja menengah bekerja dalam 1-2 jam sampai 12 jam
  • Insulin kerja panjang bekerja dalam 2-4 jam sampai 24 jam
  • Insulin kerja sangat panjang bekerja dalam 6 jam 36 hingga 42 jam
  • Inhalasi insulin bekerja dalam 12-15 menit 3 jam Inhalasi insulin (Afrezza)

 

Berikut akan kami berikan sedikit rincian mengenai kinerja insulin-insulin tersebut.

1. insulin kerja cepat

Insulin kerja cepat mulai bekerja segera setelah Anda menyuntikkannya dan dengan cepat meninggalkan tubuh 2 hingga 4 jam kemudian. Anda biasanya akan menyuntikkan insulin kerja cepat tepat sebelum makan agar gula darah Anda tidak melonjak terlalu tinggi setelah makan. Insulin kerja cepat sering digunakan bersama dengan insulin kerja lebih lama.

 

2. Insulin reguler atau insulin kerja pendek

Insulin regular juga dikenal sebagai insulin kerja pendek. Ini juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan insulin Anda pada waktu makan, tetapi dapat disuntikkan sedikit lebih lama sebelum makan daripada insulin kerja cepat. Insulin jenis ini juga bekerja di dalam tubuh sedikit lebih lama daripada insulin kerja cepat.

 

3. Insulin kerja menengah
Insulin kerja menengah digunakan lebih jarang daripada jenis insulin lainnya, tetapi mungkin dokter Anda dapat merekomendasikannya untuk Anda. Jenis insulin ini bekerja selama sekitar setengah hari, yang dapat membuatnya berguna untuk cakupan insulin semalaman.

 

4. Insulin kerja panjang

Insulin kerja panjang  memenuhi kebutuhan insulin sepanjang hari. Anda hanya perlu menyuntikkannya sekali dalam sehari dan itu akan membantu menjaga gula darah Anda terkontrol selama 24 jam. Anda dapat menyuntikkannya di pagi hari atau sebelum tidur untuk mengontrol kadar gula darah Anda sepanjang hari. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan insulin kerja cepat atau insulin reguler bersamaan dengan insulin jenis ini.

 

5. Insulin kerja sangat lama

Perbedaan utama antara insulin kerja-panjang dan insulin kerja-sangat Panjang adalah bahwa insulin kerja-panjang tidak memiliki puncak. Ini berarti tidak ada titik waktu di mana ada efek maksimum insulin dalam tubuh Anda, yang mengurangi risiko Anda memiliki gula darah rendah (hipoglikemia). Namun, Anda harus lebih rajin melakukan pengecekan gula darah jika menggunakan insulin jenis ini, karena dikhawatirkan Anda tidak menyadari bahwa efek dari insulin ini sudah habis, namun Anda tidak melakukan penyuntikan ulang tepat waktu.

 

6. Insulin inhalasi

Insulin inhalasi bekerja cepat dan mulai bekerja dalam 12-15 menit setelah dihirup. Ia meninggalkan tubuh Anda dalam waktu 3 jam dan mencapai puncaknya dalam waktu 30 menit setelah dihirup. Jenis insulin ini tidak dapat digunakan sebagai pengganti insulin kerja lama tetapi harus dikombinasikan dengan insulin suntik.