Return to site

Kenali Gejala Diabetes Yang Menyerang Secara “Diam-Diam” Berikut Ini!

October 20, 2020

Gemuk dapat memicu diabetes, ini merupakan salah satu tanda yang dapat dilihat oleh manusia secara kasat mata. Tetapi, ada berbagai macam gejala diabetes yang kehadirannya tidak dapat disadari oleh penderita kalau dirinya berpotensi memiliki diabetes. Apa saja gejala yang dapat membawa Anda pada diabetes tanpa Anda sadari? Berikut adalah daftarnya untuk Anda.

1. Sering merasa haus

Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi, umumnya akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini dapat memicu kekurangan cairan dalam tubuh Anda yang membuat Anda sering haus. Jika Anda sebelumnya belum mengetes ulang kadar gula darah dalam tubuh Anda untuk waktu yang lama dan menemukan tanda-tanda sering haus, cobalah untuk memeriksakan kondisi Anda.

2. Sering berkeringat

Anda yang berkeringat saat beraktivitas berat dan olahraga tentu adalah hal yang wajar. Tetapi, jika Anda lebih mudah berkeringat dan hanya menjadikan kondisi ini sebagai tanda bahwa Anda gerah, maka bisa jadi Anda salah. Sering berkeringat merupakan salah satu tanda diabetes yang jarang diperhatikan oleh seseorang. Hal ini umumnya disebabkan karena Anda mengalami hipoglikemia yang dapat memicu hyperhidrosis.

3. Mudah lapar dan sering merasa letih, kurang bertenaga

Selain membuat keringat berlebih, hipoglikemia juga membuat Anda merasa mudah lapar. Disamping mudah lapar, Anda sering merasa letih dan lemas/kurang bertenaga. Hal ini umumnya jarang disadari oleh orang yang memiliki pekerjaan sibuk dan sedikit berat. Mereka mengira lapar dan lemas yang dialami karena faktor pekerjaannya. Jika tidak melakukan pengetesan kadar gula darah, maka hal ini akan menjadi lebih parah yang dapat membuat Anda terserang diabetes.

4. Sering buang air kecil baik siang dan malam, dan warna keruh

Sering buang air kecil seseorang umumnya tidak lebih dari 4-5 kali dalam sehari. Jika intensitas buang air kecil melebihi batas normal tersebut, bisa jadi ada masalah pada kesehatan pankreas Anda. Untuk kondisi sering buang air kecil dengan intensitas yang sangat sering disertai warna urin keruh, maka Anda harus segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Jangan biarkan hal ini berlangsung lebih dari satu bulan. Jika Anda mengalami perubahan intensitas buang air kecil selama satu minggu saja, sebaiknya Anda langsung mengambil tindakan untuk memeriksakan diabetes dalam tubuh Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com