Return to site

Inilah Hal-Hal Yang Mengakibatkan Hipoglikemia

January 30, 2023

Hipoglikemia mengacu pada rendahnya kadar gula, atau glukosa, dalam darah. Hipoglikemia bukanlah suatu penyakit, tetapi dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Semua sel di dalam tubuh, termasuk otak, membutuhkan energi untuk berfungsi. Glukosa memasok energi dan hormon insulin memungkinkan sel untuk menyerap dan menggunakan gula darah agar dapat  menjadi energi. Dalam kasus yang parah, gula darah rendah dapat menyebabkan koma dan kematian. Hipoglikemia dapat terjadi dengan beberapa kondisi, tetapi paling sering terjadi sebagai reaksi terhadap obat diabetes, seperti insulin. Orang dengan diabetes menggunakan insulin untuk mengobati gula darah tinggi. Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda mengalami Hipoglikemia, diantaranya adalah

1. Kurang makan

Puasa atau melewatkan makan dapat menyebabkan kadar gula darah rendah. Anda juga akan mengalami hipoglikemia jika kurang karbohidrat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami hipoglikemia, sebaiknya Anda menambahkan porsi karbohidrat, namun ingat jangan terlalu banyak, karean ini akan membuat Anda mengalami hiperglikemia.

2. Peningkatan aktivitas

Meningkatkan tingkat aktivitas fisik dapat menurunkan kadar gula darah untuk beberapa waktu, terutama pada mereka yang menderita diabetes tipe 1.

3. Jenis obat tertentu

Contoh paling sederhana adalah, Kina, obat yang digunakan untuk mencegah malaria, obat ini dapat memicu hipoglikemia. Salisilat dosis tinggi, yang digunakan untuk mengobati penyakit rematik, atau propranolol untuk tekanan darah tinggi, juga dapat menyebabkan kadar gula darah turun. Bahkan karena obat ini, seseorang juga dapat mengalami hipoglikemia walaupun mereka tidak/bukan pasien diabetes

4. Konsumsi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar dapat menyebabkan hati berhenti melepaskan glukosa yang disimpan ke dalam aliran darah.

5. Beberapa penyakit hati/liver

Hepatitis yang diinduksi obat dapat menyebabkan hipoglikemia karena mempengaruhi hati.

6. Gangguan ginjal

Orang dengan gangguan ginjal mungkin memiliki masalah dalam mengeluarkan obat. Hal ini juga dapat mengakibatkan kadar gula darah rendah.

7. Tumor

Tumor yang menyerang pankreas dapat menyebabkan pankreas memproduksi terlalu banyak insulin. Insulin berlebihan tentu akan menggunakan lebih banyak gula darah untuk dijadikan energi. Hal ini yang akan mengakibatkan seseorang mengalami hipoglikemia.

8. Masalah yang terjadi pada endokrin

Beberapa gangguan kelenjar adrenal dan hipofisis dapat menyebabkan hipoglikemia. Ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

9. Hipoglikemia reaktif, atau postprandial

Pankreas menghasilkan terlalu banyak insulin setelah makan.

10. Penyakit parah

Beberapa jenis penyakit, seperti kanker, dapat memengaruhi banyak organ, termasuk pankreas. Hal ini dapat menyebabkan hipoglikemia.