Return to site

Ini Dia 5 Tindakan Pengendalian Diabetes

September 11, 2020

Diabetes adalah penyakit yang dapat menimbulkan kematian apabila tidak mendapatkan penanganan dengan tepat. Meskipun diabetes merupakan penyakit yang menakutkan karena dapat menyebabkan kematian atau bahkan dapat menyebabkan komplikasi penyakit mematikan lainnya, bukan berarti penyakit diabetes tidak dapat dikendalikan. Yang harus dilakukan oleh penderita diabetes adalah dengan melakukan upaya semaksimal mungkin agar mereka dapat tetap sehat meskipun sedang mengalami diabetes dengan berbagai macam tindakan. Pada dasarnya ada 5 hal utama yang harus dilakukan oleh pengidap diabetes untuk bisa mengendalikan diabetes mellitus yang mereka alami, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan pengetahuan terhadap diabetes

Pengidap diabetes mellitus tentu memiliki kewajiban untuk belajar mengendalikan diabetes yang mereka alami. Salah satu cara yang harus mereka lakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan tentang diabetes dari sumber yang terpercaya. Menjauhi segala macam saran pengobatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Sebaiknya, Anda mencari informasi yang valid seperti mencari informasi dari ikatan dokter Indonesia atau seminar-seminar kesehatan yang relevan dengan diabetes yang umumnya dilakukan oleh berbagai rumah sakit yang ada di sekitar Anda.

2. Mengatur pola makan

Pada artikel sebelumnya, kami telah mengingatkan para pasien diabetes melitus untuk menjaga pola makannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pola makan diantaranya adalah dengan

  • Mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan meskipun sedang lahap
  • Hindari segala jenis makanan maupun minuman yang mengandung glukosa tinggi
  • Mengaturan jadwal makan dengan menggunakan pengingat yang mudah ditemukan seperti melalui smartphone.
  • Porsi makan yang seimbang.
  • Rajin berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi.

3. Olahraga

Olahraga atau latihan fisik yang dilakukan oleh penderita diabetes dapat meningkatkan kegiatan fisik dalam aktivitas sehari-hari. Olahraga yang disarankan untuk para penderita diabetes adalah dengan melakukan olahraga yang bersifat aerobik dan tidak terlalu berat yang dapat membawa Anda pada aktivitas yang berlebihan.

4. Mengkonsumsi obat diabetes secara teratur

Jika Anda harus dan perlu mengonsumsi obat diabetes, maka sudah seharusnya obat-obatan tersebut dikonsumsi secara teratur. Anda juga perlu memperhatikan bahwa konsumsi obat kimia/non-herbal harus dengan berkonsultasi dengan dokter. Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal DMPhas yang terbuat dari 100% bahan herbal alami dari ekstrak Pare dan Buncis yang tidak memiliki efek samping yang umumnya ditimbulkan oleh obat kimia. DMPhas juga merupakan obat herbal diabetes yang sudah mendapatkan izin BPOM dan sertifikasi halal.

5. Evaluasi kondisi tubuh dan kesehatan

Penderita diabetes harus selalu melakukan evaluasi terhadap semua poin yang sudah dilakukan di atas dan melakukan pemeriksaan kadar glukosa darah untuk melihat hasil dari upaya pengendalian diabetes yang telah dilakukan. Konsultasikan kepada dokter jika Anda tidak merasakan manfaat yang signifikan, karena bisa jadi lima langkah di atas belum sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Ilustrasi (c) Pexels.com