Return to site

Ini Cara Merawat Kaki Bagi Para Penderita Diabetes

August 27, 2020

Kaki adalah anggota tubuh yang harus benar-benar diperhatikan oleh penderita diabetes. Pasalnya, ketidakhati-hatian penderita diabetes akan kondisi kaki akan berdampak pada suatu luka yang tidak diketahui dan berimbas pada infeksi yang serius. Pada artikel kami kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk merawat kaki penderita diabetes agar tidak sampai luka atau luka kecil yang dialami tidak sampai infeksi dan masih bisa disembuhkan.

1. Memberikan pelembab pada bagian kaki yang mudah pecah

Kaki kering menjadi penyebab pecah-pecah pada bagian tumit. Ini dapat menjadi luka yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Sebelum Anda mengalami kulit pecah pada kaki, sebaiknya belikan pelembab agar kaki Anda tetap lembab dan tidak mudah pecah karena kering. Namun, hindari penggunaan pelembab pada sela-sela jari kaki. Sela-sela jari kaki dapat menjadi terlalu lembab yang akan membantu berkembangnya jamur pada kaki.

2. Jangan menggunting kuku terlalu dalam

Karena kita ingin menjaga kebersihan kaki, tak sedikit orang yang menggunting kuku terlalu dalam. Karena tidak terlihat dengan jelas, ada bagian kuku yang tajam di daerah sudut kaki. Kuku yang tajam ini dapat menimbulkan luka yang berimbas pada infeksi. Lebih baik gunting kuku Anda dengan tidak terlalu dalam dan dekat dengan kulit yang membuat Anda kesulitan untuk mengikir kuku agar tidak tajam bagi kulit Anda ketika kuku Anda tumbuh.

3. Selalu memeriksa alas kaki dan menggunakan ukuran yang nyaman untuk kaki Anda

Bersihkan dan periksalah alas kaki yang akan Anda pakai, kerikil kecil dapat masuk pada sela-sela kuku yan dapat membuat luka pada bagian tersebut. Memeriksa alas kaki juga akan menghindari Anda dari benda tajam yang mungkin menancap di bawah atau tidak sengaja jatuh ke dalam sepatu tanpa sepengatuhan Anda. Ukuran alas kaki juga berperan penting untuk mencegah terjadinya luka. Selalu gunakan ukuran sepatu yang nyaman untuk kaki Anda agar terhindar dari gesekan dengan kulit yang dapat membuat luka atau kuku yang menekan kulit terlalu lama dan menimbulkan luka.

4. Bersihkan dan tutupi luka secepat mungkin

Jika Anda mengalami luka secara tidak sengaja, segeralah bersihkan dan obati luka tersebut agar tidak terjadi infeksi. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau dengan datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan maksimal. Periksakanlah kondisi luka Anda jika Anda merasa sudah lebih dari perkiraan kesembuhan luka tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com