Return to site

Ingin Makanan Manis? Pasien Diabetes Bisa Mendapatkannya Dengan Pemanis ini!

January 3, 2023

Apakah mungkin untuk mengonsumsi gula ketika Anda menderita diabetes? Jawabannya, Ya.Tetapi ini hanya untuk memenuhi keinginan Anda akan rasa manis yang sudah sangat Anda inginkan dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Memang, akan lebih sulit untuk meninggalkan makanan manis, namun dengan memahami jenis gula yang harus dikonsumsi oleh pasien diabetes, mereka akan tetap bisa mengonsumsi makanan manis namun tidak begitu khawatir dengan kenaikan gula darah. Ketika Anda mulai menginginkan rasa manis pada makanan dan minuman, Anda harus memilih jenis gula. Karena gula pasir yang biasa Anda pakai sebelum memiliki diabetes dapat meningkatkan karbohidrat, maka Anda sangat tidak dianjurkan menggunakan gula pasir. Namun, ada beberapa fakta gula yang harus Anda pahami.

  1. Gula adalah karbohidrat alami
    Ini termasuk gula merah, gula tebu, kembang gula, fruktosa, madu, dan tetes tebu. Jenis gula ini memiliki kalori dan meningkatkan kadar glukosa darah Anda (tingkat gula dalam darah Anda).
  2. Pemanis rendah kalori adalah gula alcohol
    Anda mungkin pernah mendengar atau memahami nama-nama gula seperti isomalt, maltitol, manitol, sorbitol, dan xylitol. Anda akan sering menemukannya di permen dan permen karet bebas gula. Jenis gula ini memiliki sekitar setengah kalori gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, meskipun tidak sebanyak karbohidrat lainnya.
  3. Pemanis buatan.
    Pemanis buata dirancang di laboratorium, tidak memiliki kalori, dan tidak meningkatkan kadar gula darah Anda.

Pemanis alami dan buatan

Dapat membingungkan untuk mengelompokkan pemanis bersamaan karena terminologinya terbuka untuk interpretasi. Misalnya, beberapa produk dari tanaman stevia dipasarkan sebagai gula 'alami', meskipun diproses dan dimurnikan. Namun, beberapa produk lain yang dipasarkan sebagai pemanis buatan mungkin berasal dari zat alami. Misalnya, sucralose, berasal dari gula (sukrosa). Apa pun nama, pengelompokan, atau terminologinya, penting untuk menanyakan apa yang terkandung dalam pemanis tertentu dan apakah pemanis atau produk tersebut mengandung karbohidrat atau kalori, dan bagaimana hal itu sesuai dengan tujuan pribadi Anda untuk makan sehat.

Jenis Pemanis Buatan

Pemanis buatan rendah kalori meliputi:

  1. Sakarin. Anda dapat menggunakannya dalam makanan panas dan dingin. Hindari pemanis ini jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  2. Aspartam. Anda dapat menggunakannya dalam makanan dingin dan hangat. Mungkin kehilangan rasa manis pada suhu tinggi. Orang yang memiliki kondisi yang disebut fenilketonuria harus menghindari pemanis ini.
  3. Acesulfame potassium atau ace-K. Anda dapat menggunakannya dalam makanan dingin dan panas, termasuk dalam memanggang dan memasak.
  4. Sucralose. Anda dapat menggunakannya dalam makanan panas dan dingin, termasuk dalam memanggang dan memasak. Makanan olahan sering mengandung sucralose.
  5. Advantame. Advantame dapat digunakan dalam makanan yang dipanggang, minuman ringan dan minuman non-alkohol lainnya, permen karet, permen, frostings, makanan penutup beku, gelatin dan puding, selai dan jeli, buah-buahan olahan dan jus buah, topping dan sirup.