Return to site

Ikut Puasa Ramadan? Pasien Diabetes Perlu Mengikuti Tips Ini!

April 12, 2023

Menurunkan gula darah secara alami tentunya dapat dilakukan dengan berbagai macam hal mulai dari mengonsumsi makanan yang rendah gula dengan berolahraga dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal ini secara rutin, maka pasien diabetes dapat menjaga kadar gula darah berada pada ambang batas normal. Jikalau mereka sedang memiliki kadar gula darah yang tinggi, melakukan hal tersebut tentunya juga dapat menurunkan kadar gula darah untuk mencegah risiko lainnya.

Dalam berpuasa, kadar gula darah menjadi lebih kurang stabil. Umumnya, pasien diabetes yang berpuasa akan mengalami kondisi kekurangan gula darah yang sangat serius. Bahkan bagi orang normal sekalipun, ini juga akan memiliki efek yang sama. Hanya saja, bagi pasien diabetes yang pada hari-hari biasa sering mengalami gula darah rendah, berpuasa dapat menambah risiko hipoglikemik.

Maka dari itu, seorang yang berpuasa selalu diingatkan untuk berbuka puasa dengan yang manis agar mereka mendapatkan gula darah setelah seharian tidak mendapatkan asupan gula darah yang cukup dari makanan. Berpuasa tentunya dapat menjadi metode yang sangat tepat untuk menurunkan gula darah secara alami. Pada artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang bagaimana puasa dapat menurunkan kadar gula darah. Yang mana alas an utama dari penurunan kadar gula darah ini dikarenakan kita tidak mengonsumsi makanan selama lebih dari 10 jam, yang kemudian membuat tubuh kita benar-benar memanfaatkan gula darah untuk dijadikan energi.

Dikarenakan tidak mendapatkan asupan makanan dalam kurun jam tersebut, pada akhirnya gula darah semakin turun. Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, dan pankreas masih dapat memproduksi insulin dengan baik, berpuasa dapat menjadi solusi untuk menurunkan kadar gula darah Anda. Namun, Anda juga perlu melakukan pengetesan secara berkala selama berpuasa hal ini untuk mengetahui efek berpuasa terhadap kadar gula darah Anda.

Perlu Anda ingat juga, stress dapat meningkatkan kadar gula darah. Meskipun Anda berpuasa, jika Anda lebih sering stress, maka ada potensi Anda akan kembali mengalami naiknya kadar gula darah.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar gula darah selama berpuasa.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung gula secukupnya, hindari kelebihan gula darah setelah makan sahur.
  2. Perbanyak minum air putih saat sahur
  3. Olahraga ringan setelah sahur
  4. Hindari tidur sebelum 2 jam setelah makan sahur, apalagi yang mengandung gula tinggi
  5. Mengganti karbohidrat dengan serat,
  6. Mengganti minumam manis dengan air putih