Return to site

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Terapi Insulin

January 18, 2022

Jika Anda menderita diabetes tipe terapi insulin intensif dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang Anda. Terapi insulin dapat memakan waktu, tetapi manfaatnya dapat Anda rasakan seumur hidup Anda. Bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk mengetahui apakah terapi insulin intensif merupakan pendekatan terbaik untuk Anda.

Apa itu terapi insulin intensif?

Terapi insulin intensif adalah metode pengobatan yang dirancang untuk menjaga kadar gula darah Anda lebih dekat ke tingkat seseorang yang tidak menderita diabetes. Perawatan ini membutuhkan pemantauan ketat terhadap kadar gula darah dan dosis insulin. Metode pemantauan gula darah dan suntik insulin dapat membuatnya lebih mudah dan lebih aman untuk mempertahankan kadar gula darah normal.

Menetapkan target gula darah

American Diabetes Association (ADA) menyarankan untuk kebanyakan orang dewasa target untuk hemoglobin A1C kurang dari 7%. Hemoglobin A1C adalah indikator kontrol gula darah Anda selama beberapa bulan terakhir. Jika Anda ingin menjaga kadar gula darah Anda tetap rendah, Anda harus rajin berkonsultasi/memeriksa dengan dokter untuk menetapkan target kadar gula berdasarkan usia Anda, kesehatan secara keseluruhan dan faktor kesehatan lainnya. Dokter dapat memberi tahu Anda berapa kisaran gula darah harian ideal untuk Anda, serta bagaimana menyesuaikan dosis insulin Anda untuk memenuhi tujuan itu.

Komitmen yang harus Anda patuhi selama terapi insulin

Untuk manajemen gula darah yang ketat pada terapi insulin, Anda harus mengikuti beberapa hal berikut ini:

  1. Ambil beberapa dosis insulin setiap hari.
    Anda mungkin memerlukan suntikan insulin dosis kecil sebelum makan dan suntikan insulin dosis menengah atau dosisi panjang (sekali atau dua kali sehari). Atau Anda dapat memilih untuk menggunakan pompa insulin, yang melepaskan insulin ke dalam tubuh Anda melalui tabung plastik yang ditempatkan di bawah kulit di perut Anda.
  2. Periksa gula darah Anda sesering mungkin.
    Anda harus memeriksa gula darah Anda setidaknya empat kali sehari, sebelum makan dan sebelum tidur. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk mencatat hasil setiap tes gula darah yang Anda lakukan untuk kemudahan bagi dokter untuk memberikan pengobatan untuk Anda.
  3. Pantau bagaimana makanan dan olahraga memengaruhi gula darah Anda.
    Apa yang Anda makan memiliki efek langsung pada gula darah. Saat Anda menjalani terapi insulin, Anda harus menghitung karbohidrat dalam makanan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan dosis insulin yang tepat setelah makan makanan berat atau camilan. Aktivitas fisik juga mempengaruhi gula darah.