Return to site

Efek Jika Insulin Terlalu Tinggi Pada Tubuh Anda

May 21, 2021

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas, hormone ini membantu mengontrol jumlah glukosa dalam darah Anda. Glukosa, merupakan sumber energi utama tubuh Anda. Makanan yang Anda makan diubah menjadi glukosa dan kemudian dimasukkan ke dalam sel tubuh Anda untuk digunakan sebagai bahan bakar/energi untuk tubuh. Insulin memainkan peran utama dalam proses ini. Terlalu sedikit atau terlalu banyak insulin memengaruhi jumlah glukosa yang tersedia untuk energi. Pada artikel kali ini, kami akan menginformasikan tentang apa efek yang akan didapat oleh tubuh Anda ketika memiliki jumlah insulin yang tinggi.

Efek Jika Insulin Terlalu Tinggi Pada Tubuh Anda

Ketika tingkat insulin Anda terlalu tinggi, kadar glukosa darah Anda bisa turun ke tingkat yang sangat rendah - keadaan ini disebut dengan hipoglikemia. Ini adalah konsekuensi terpenting dari terlalu banyak insulin. American Diabetes Association mendefinisikan hipoglikemia sebagai pembacaan glukosa kurang dari atau sama dengan 70 mg/dL. Hipoglikemia terjadi akibat insulin yang meningkatkan pengambilan glukosa oleh sel-sel tubuh Anda, yang mana hal ini menghalangi glukoneogenesis dan meningkatkan penyimpanan glukosa di hati dan otot. Namun, jika Anda tidak memiliki diabetes dan pankreas Anda berfungsi sebagaimana mestinya, ia akan melepaskan hormon yang disebut glukagon untuk melawan efek insulin.

Gejala Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah komplikasi akut dari diabetes. Mungkin ringan, sedang atau berat. Gejala berupa kelelahan, lemas, mudah bingung, sakit kepala, lekas marah, perubahan kepribadian, gemetar, pusing, kesulitan berkonsentrasi, bicara cadel, lapar, mual, napas cepat, berkeringat dan tidak sadarkan diri. Jika Anda merupakan pasien diabetes lama, Anda mungkin tidak memperhatikan gejala-gejala ini. Ini disebut ketidaksadaran hipoglikemik.

Penyebab

Jika Anda tidak memiliki diabetes, tubuh Anda tidak akan mengeluarkan lebih banyak insulin daripada yang dibutuhkannya. Tetapi jika Anda pasien diabetes, Anda mungkin mengalami insulin dalam jumlah yang berlebihan saat Anda mengonsumsi lebih dari dosis obat insulin yang diresepkan atau saat Anda mengambil dosis dan gagal makan cukup untuk menutupinya. Berolahraga berat juga dapat menyebabkan jumlah insulin yang berlebihan. Mengonsumsi pil diabetes yang disebut secretagogues - glipizide, glimepiride, glukotrol, klorpropamid, repaglinida, dan nateglinide, juga dapat menyebabkan insulin dalam jumlah berlebihan. Agen ini merangsang pelepasan insulin dari pankreas Anda. Melakukan aktivitas fisik setelah mengonsumsi obat-obatan ini, mengakibatkan tingginya jumlah insulin dalam aliran darah Anda. Ini dapat menyebabkan perkembangan hipoglikemia.

Pengobatan

Perawatan gula darah rendah melibatkan peningkatan glukosa Anda dan menangkal efek insulin. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar glukosa Anda adalah dengan makan atau minum sesuatu yang mengandung gula. Contohnya termasuk jus buah, minuman ringan, atau permen keras. Suntikan glukagon digunakan untuk melawan efek insulin. Glukagon juga bekerja cepat, tetapi membutuhkan resep dari dokter.

Ilustrasi (c) Unsplash.com