Return to site

Diabetes Gestasional Serta Risiko Diabetes Pada Anak

December 18, 2020

Calon anak dalam kandungan yang mana ibu yang hamil mengalami diabetes gestasional yang tidak terkontrol di dalam rahim berisiko tinggi mengalami obesitas. Jika penderita tidak melakukan tindakan dengan baik dalam menangani diabetes ini, maka diabetes gestasional yang dialaminya akan meningkatkan risiko obesitas pada anak sejak masa kanak-kanak.

Diabetes gestasional adalah salah satu tipe diabetes yang terjadi pada wanita hamil yang tidak menderita diabetes sebelum dia hamil. Pada ibu hamil dengan diabetes gestasional, tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengatur gula darah. Dokter biasanya menguji diabetes gestasional antara 24 dan 28 minggu kehamilan. Namun, wanita yang pernah menderita diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya, berusia di atas 35 tahun, kelebihan berat badan,atau mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes dapat dites lebih awal dan lebih sering untuk mengontrol kadar gula darah dan juga dalam menjaga kualitas kehamilan.

Apa saja risiko yang terkait dengan diabetes gestasional?

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes gestasional, penting untuk bekerja sama dengan dokter untuk mengontrol gula darah Anda. Pasalnya, diabetes gestasional dapat dikontrol dengan perubahan pola makan dan olahraga teratur. Namun, terkadang, seorang wanita dengan diabetes gestasional juga harus minum obat atau mungkin memerlukan suntikan insulin. Menjaga kadar gula normal dalam kehamilan adalah hal yang sangat penting. Karena, kadar gula yang tinggi pada ibu dapat menyebabkan kadar gula yang sangat rendah untuk bayi saat ia baru lahir. Diabetes gestasional yang tidak terkontrol dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi kehamilan, seperti:

  1. Bayi yang terlalu besar

  2. Kelahiran prematur

  3. Resiko tinggi terjadinya pre-eklamsia (komplikasi yang terjadi akibat tekanan darah tinggi atau adanya kerusakan pada ginjal yang terjadi pada ibu hamil)

  4. Sedikit meningkatkan risiko kematian janin dan neonatal (periode kehidupan dalam kurun 28 hari setelah kelahiran)

Diabetes gestasional dan obesitas pada anak

Risiko kesehatan yang terkait dengan diabetes gestasional yang tidak terkontrol melampaui kehamilan dan kelahiran bayi Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang lahir disertai dengan diabetes gestasional di dalam kandungan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan seperti obesitas dan gula darah yang tidak normal bahkan saat ia masih anak-anak. Jika diabetes gestasional tidak dikelola dengan baik, gula darah bayi juga bisa tinggi. Bayi menjadi suka makan berlebihan dan berpotensi menjadi obesitas. Bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional yang tidak diobati atau tidak terkontrol memiliki risiko hampir dua kali lipat menjadi obesitas selama masa kanak-kanak.

Tindakan Yang Harus Dilakukan

Kabar baiknya adalah mengontrol gula darah juga menormalkan risiko. Jika diabetes gestasional dapat dikelola dengan baik dan gula darah terkontrol, risiko bayi mengalami obesitas akan lebih rendah atau sama dengan anak yang lahir dari ibu dengan gula darah normal. Bagi kebanyakan wanita, diabetes gestasional tidak menyebabkan tanda atau gejala, jadi sangat penting untuk mendapatkan perawatan prenatal (sebelum kelahiran) secara teratur agar Anda dan bayi tetap sehat selama kehamilan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com