Return to site

Diabetes Dapat Mengurangi Daya Tahan Tubuh

May 29, 2022

Pasien diabetes melitus lebih sering mengalami infeksi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki diabetes. Bahkan kondisi infeksi juga bisa lebih rumit pada kelompok pasien diabetes. Salah satu kemungkinan penyebab peningkatan prevalensi infeksi ini adalah defek pada imunitas. Selain beberapa penurunan respon sel tertentu dalam tubuh, tidak ada gangguan pada imunitas adaptif pada pasien diabetes yang dapat dijelaskan.

Mengenai imunitas sel bawaan, sebagian besar penelitian menunjukkan penurunan fungsi (kemotaksis, fagositosis, pembunuhan) sel polimorfonuklear diabetes dan monosit/makrofag diabetes dibandingkan dengan sel kontrol. Secara umum, manajemen diabetes yang lebih baik mengarah pada peningkatan fungsi sel in vetro. Selanjutnya, beberapa mikroorganisme menjadi lebih ganas dalam lingkungan yang memiliki kandungan glukosa tinggi. Mekanisme lain yang dapat menyebabkan peningkatan prevalensi infeksi pada pasien diabetes adalah peningkatan mikroorganisme terhadap diabetes dibandingkan dengan sel non-diabetes.

Angka kejadian infeksi meningkat pada pasien diabetes melitus. Beberapa dari infeksi ini juga lebih memungkinkan akan mengalami perjalanan penyakit yang lebih rumit pada pasien diabetes dibandingkan pada pasien nondiabetes. Ketoasidosis diabetik, misalnya, dipicu atau dipersulit oleh infeksi pada 75% kasus. Angka kematian pasien dengan infeksi dan ketoasidosis juga cukup tinggi. Dalam studi prospektif 101.293 pasien dewasa yang dirawat di rumah sakit, 1640 orang didiagnosis mengalami bakteremia. Dari 1000 pasien rawat inap yang diteliti, 2/3 bakteremia ditemukan pada pasien diabetes dibandingkan 1/3 pada pasien tanpa diabetes. Pertanyaan kemudian muncul mengenai mekanisme patogenetik mana yang bertanggung jawab atas tingginya angka infeksi pada pasien diabetes. Kemungkinan penyebab termasuk cacat pada kekebalan tubuh, peningkatan kepatuhan mikroorganisme pada sel diabetes, adanya mikro dan makroangiopati atau neuropati, dan tingginya jumlah intervensi medis pada kelompok pasien diabetes.

Sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun bawaan dan adaptif-humoral atau sel. Mengenai imunitas adaptif humoral, konsentrasi serum antibodi pada pasien dengan diabetes normal dan mereka merespon vaksinasi dengan vaksin pneumokokus serta kontrol nondiabetes. Selanjutnya, tidak ada perbedaan yang ditunjukkan dalam respon imun terhadap vaksin hepatitis B intramuskular antara anak-anak dengan diabetes tipe 1. Mengenai imunitas sel adaptif, penghambatan respon proliferatif terhadap rangsangan yang berbeda telah diamati pada limfosit pasien diabetes dengan penyakit yang tidak terkontrol.

Meski demikian, pasien dengan diabetes tidak mengalami pneumonia Pneumocystis carinii atau infeksi mikobakteri (seperti yang terlihat pada pasien dengan disfungsi imunitas sel adaptif seperti pasien yang terinfeksi human immunodeficiency virus) lebih sering daripada pasien tanpa diabetes.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana diabetes dapat memberikan efek terhadap imun Anda pada publikasi ini.