Return to site

Cegah Diabetes Dengan Menjalankan 5 Hal Ini!

March 2, 2023

Anda tidak perlu banyak obat atau suplemen mahal untuk menghindari potensi terkena diabetes. Jika saat ini Anda memiliki kadar gula tinggi. Namun masih rendah untuk dikatakan diabetes maupun prediabetes, Anda masih bisa menjalani beberapa hal sederhana untuk menghentikan risiko diabetes. Dasar-dasar gaya hidup sehat yang Anda jalani adalah pertahanan terbaik melawan penyakit. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghentikan risiko diabetes sebelum penyakit ini menyerang Anda:

1. Pertahankan berat badan yang tepat

Mempertahankan berat badan yang optimal untuk tinggi badan Anda adalah salah satu dari dua hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menunda timbulnya diabetes tipe 2, perhatikan berat badan Anda setiap 1 minggu sekali, pastikan kadar gula berada pada kisaran normal adalah hal penting yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk menjaga kualitas hidup Anda.

2. Aktif dan berolahraga ringan setiap hari dan secara rutin

Olahraga teratur merupakan cara lain yang harus dilakukan untuk mencegah diabetes tipe 2. Orang dewasa harus melakukannya minimal 30 menit, empat hingga lima kali seminggu. Olahraga harus bersifat kardiovaskular, atau suatu aktivitas berat yang dapat membuat Anda terengah-engah dan berkeringat. Berjalan adalah bentuk kardio yang paling mudah dan jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Bersepeda sangat cocok untuk siapa saja yang baru berolahraga atau kelebihan berat badan. Berenang dan mendayung akan memberi Anda latihan seluruh tubuh yang dibutuhkan semua orang.

3. Makan lebih banyak sayuran

Bbuah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan senyawa lain yang ditemukan dalam tanaman yang dapat memperkuat kekebalan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes. Namun, diet vegetarian atau vegan tidak menjamin kesehatan yang optimal kecuali nutrisi seimbang juga diadopsi.

4. Tidur yang cukup

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, setel alarm Anda pada waktu yang sama setiap hari untuk menyinkronkan jam internal Anda. Hindari perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop sebelum tidur. Mereka memancarkan cahaya biru, yang juga bermain-main dengan jam internal Anda. Pertahankan kamar tidur Anda pada suhu sekitar 20°c dan gunakan lebih sedikit selimut. Dan cobalah yang terbaik untuk tidak menggunakan alkohol atau obat tidur untuk membantu Anda tertidur. Ini mungkin membantu dalam jangka pendek, tetapi saat tubuh Anda menjadi lebih toleran, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berguling-guling di tempat tidur.

5. Pemeriksaan kesehatan rutin

Pemeriksaan kesehatan rutin dengan dokter keluarga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk mencegah diabetes tipe 2. Skrining untuk diabetes tipe 2 harus dilakukan setiap tiga tahun untuk orang di atas 40 tahun. Mereka yang sudah menunjukkan kadar gula darah lebih tinggi dari rata-rata harus melakukan pemeriksaan setiap tiga bulan, kemudian setiap enam bulan sekali secara stabil. Individu yang berisiko, termasuk mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau yang kelebihan berat badan, juga harus memulai pemeriksaan kesehatan untuk diabetes tipe 2 sebelum mereka berusia 40 tahun.