Return to site

Bagaimana Diabetes Membuat Anda Mengalami Nyeri Saraf?

August 2, 2021

Nyeri saraf diabetes adalah sindrom yang mempengaruhi sebagian pasien diabetes. Jenis nyeri saraf ini dapat mempengaruhi pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2. Nyeri saraf, juga dikenal sebagai nyeri neuropatik, adalah akibat dari salah satu komplikasi diabetes, yang disebut neuropati perifer, atau neuropati diabetik.

Mengapa nyeri saraf diabetes bisa terjadi?

Nyeri saraf diabetes paling sering terjadi ketika seseorang dengan diabetes memiliki tingkat gula darah tinggi yang berkepanjangan. Diperkirakan bahwa glukosa darah tinggi mempengaruhi saraf dengan merusak pembuluh darah yang menyuplainya. Tekanan darah tinggi, selain hiperglikemia, juga berdampak buruk pada saraf. Merokok dan alkohol juga diketahui meningkatkan risiko terjadinya nyeri saraf.

Di mana nyeri saraf diabetes biasanya terjadi?

Nyeri saraf diabetes biasanya terjadi di daerah perifer atau ekstremitas, seperti kaki dan tungkai, tangan dan lengan. Nyeri kaki neuropatik adalah salah satu dari sejumlah kondisi yang memengaruhi kaki yang disebut sebagai masalah 'kaki diabetik'. Untuk itu, pasien diabetes disarankan untuk menjalani pemeriksaan kaki setahun sekali.

Pemeriksaan kaki dapat membantu dalam dua cara, dengan membantu mendiagnosis masalah baru, seperti neuropati diabetik atau masalah sirkulasi dan juga dapat membantu menemukan komplikasi lebih lanjut pada kaki seperti luka, lecet dan kelainan sendi yang dikenal sebagai charcot arthropathy atau Foot charcot.

Apa saja gejala nyeri saraf diabetes?

Gejala nyeri saraf diabetes dapat meliputi beberapa hal, seperti merasa tertusuk atau kesemutan, sensasi panas dan gejala-gejala lainnya. Ini dapat dirasakan oleh pasien diabetes mulai dari rasa sakit ringan hingga ekstrim. Dalam kasus yang serius, seluruh area mungkin menjadi mati rasa.

Suatu kondisi yang dikenal sebagai disestesia juga dapat berkembang, pada beberapa orang, yang memengaruhi indera peraba seseorang menyebabkan sensasi kesemutan atau panas dan dapat menyebabkan rasa sakit saat menyentuh benda sehari-hari.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri saraf yang disebabkan oleh diabetes. Untuk itu, selalu menjaga kesehatan dengan baik, melakukan olahraga yang teratur yang sesuai dengan kebutuhan tubuh merupakan solusi untuk pencegahan. Untuk perawatan diabetes, Anda juga dapat mengonsumsi DMPhas yang terbuat dari 100% bahan alami tanpa efek samping. Dengan melakukan dua hal ini, Anda memiliki kesempatan hidup sehat seperti orang yang tidak memiliki diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com