Return to site

Bagaimana Diabetes Insipidus Didiagnosis Pada Anak?

October 5, 2021

Diabetes insipidus adalah kelainan langka yang menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini membuat anak Anda memproduksi urin dalam jumlah besar. Kondisi ini juga membuat anda Anda merasa sangat haus bahkan sekalipun sudah minum, rasa haus ini sering kali tidak bisa dihilangkan. Penyedia layanan kesehatan akan bertanya tentang gejala dan riwayat kesehatan anak Anda. Dia mungkin juga bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga Anda. Penyedia layanan kesehatan mungkin bertanya tentang asupan cairan harian anak Anda, diet, dan kebiasaan buang air besar dan kandung kemih. Dia akan memberikan anak Anda pemeriksaan fisik. Anak Anda mungkin juga menjalani tes, seperti:

  • Tes urin
    Untuk tes ini, seorang anak tidak akan minum selama beberapa jam (atau setelah tengah malam saat tidur). Dia kemudian akan buang air kecil dua kali dalam 1 jam. Spesimen urin kedua sering dapat mendiagnosis kondisi tersebut.
  • Tes darah
    Ini dilakukan untuk mengukur kadar garam (natrium) dalam darah.
  • Tes kekurangan air
    Tes ini dilakukan di rumah sakit. Ini memeriksa apakah dehidrasi terjadi saat anak tidak makan atau minum.
  • MRI
    Tes ini menggunakan magnet dan komputer untuk membuat gambar detail jaringan dalam tubuh. Tes ini dilakukan untuk mencari masalah dengan kelenjar pituitari.

Bagaimana pengobatan diabetes insipidus pada anak?

Pengobatan tergantung pada penyebabnya. Untuk masalah diabetes insipidus ini, pengobatan dapat dilakukan dengan ADH sintetis. Metode pengobatan ini dapat berupa mengonsumsi pil, suntikan, atau semprotan hidung. Perawatan lain termasuk obat-obatan yang meningkatkan tubuh untuk membuat lebih banyak ADH. Ini termasuk NSAID seperti ibuprofen dan pil air (diuretik).

Anak Anda juga harus minum banyak cairan. Ini untuk mengganti jumlah cairan yang hilang oleh tubuh melalui urin berlebih dan untuk melindungi anak Anda dari dehidrasi. Anda mungkin perlu memperhatikan asupan cairan dan keluaran urin anak Anda. Penyedia layanan kesehatan anak Anda akan memeriksa jumlah natrium dalam darah anak Anda untuk memastikan dosis obatnya benar.

Apa saja kemungkinan komplikasi diabetes insipidus pada anak?

Jika tidak diobati, diabetes insipidus dapat menyebabkan masalah pada anak seperti:

  • Kerusakan otak
  • Gangguan fungsi mental
  • Hiperaktif
  • Rentang perhatian yang pendek
  • Pertumbuhan yang buruk
  • Gelisah

Apakah diabetes insipidus sama dengan diabetes mellitus?

Diabetes insipidus dan diabetes mellitus adalah jenis diabetes yang berbeda. Artinya, metode perawatan yang dilakukan untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2 dengan diabetes insipidus sangatlah berbeda dan tidak ada keterhubungan apa pun. Diabetes insipidus merupakan diabetes yang terjadi karena masalah pada hormon antidiuretic, sedangkan diabetes mellitus merupakan penyakit yang disebabkan karena masalah pankreas atau masalah kadar gula darah yang tinggi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com