Return to site

Bagaimana Cara Melakukan Diet Untuk Diabetes Dalam Kehidupan Sehari-Hari

August 4, 2020

The American Diabetes Association menyarankan agar orang dengan diabetes mengkonsumsi makanan individual berdasarkan yang disukai/tidak disukai, budaya, gaya hidup, berat badan, tingkat pendidikan, dan sebagainya. Kemudian, melakukan pertemuan dengan ahli diet atau pendidik diabetes bersertifikat juga merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda memahami karbohidrat dan diet diabetes yang sehat. Mereka dapat memberi Anda rencana makan dan alat yang Anda butuhkan untuk memulai membuat pilihan makanan yang baik. Jika Anda tidak dapat mencari orang yang dapat menjadi instruktur kesehatan untuk Anda karena mungkin faktor biaya, pendekatan diri dengan melakukan pola makan baru merupakan langkah kecil yang dapat Anda lakukan. Memulai dari langkah kecil akan membuat Anda berada pada jalur yang lebih besar. Contoh sederhana, Anda dapat memulainya dengan pergi ke toko/warung makanan dan ambil beberapa barang sehat

Selanjutnya, singkirkan godaan-godaan makanan di hadapan Anda. Anda tidak bisa mengendalikan apa yang mengelilingi Anda di luar, tetapi Anda bisa mengendalikan apa yang ada di rumah Anda. Jika Anda ingin menikmati makanan yang dapat menggagalkan diet diabetes Anda, cobalah untuk melakukan liburan yang dapat menikmati keindahan alam atau apa pun. Bawalah bekal sendiri, hindari membawa uang berlebihan agar Anda tidak tertarik untuk jajan makanan. Dengan cara ini, Anda akan terkejut melihat betapa Anda akan menikmati cara makan baru yang Anda lakukan. Tapi bersabarlah, setiap usaha akan membutuhkan waktu untuk menciptakan kebiasaan baru.

Ingatlah bahwa setiap perubahan yang Anda lakukan sepadan dengan usaha Anda. Bahkan perubahan terkecil dapat membantu meningkatkan energi dan gula darah Anda. Buat tujuan realistis untuk diri sendiri. Misalnya, jika Anda terbiasa makan donat dan kopi manis untuk sarapan, beralihlah ke makanan lainnya yang tidak mengandung gula yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Buatlah jadwal makanan rutin yang harus Anda konsumsi, jika Anda memiliki ahli kesehatan di samping Anda, berkonsultasilah kepada mereka. Jika tidak ada, cob acari konsultasi kesehatan online terpercaya yang bisa saja mereka membantu Anda untuk menginspirasi Anda untuk membuat jadwal makanan sehat setiap hari.

Ketika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, pikirkan tentang hal ini:

  • Apa yang Anda makan adalah bagian utama dari kehidupan sehari-hari Anda?
  • Apakah makanan ini telah diuji untuk membuat pilihan yang sehat bagi Anda?
  •  Apakah Anda memutuskan untuk mengikuti diet karbohidrat yang konsisten, berlatih metode dalam menyiapkan makanan untuk camilan atau makanan berat?
  • Apakah hanya mengurangi porsi karbohidrat sudah cukup untuk Anda agar tetap sehat?

Ingat, diet untuk diabetes bukanlah hal sementara. Dengan membuat tujuan kecil dan realistis untuk diri sendiri, Anda bisa berhasil menurunkan berat badan dan mengurangi gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Menyesuaikan diri dengan cara makan yang baru membutuhkan waktu, dan Anda bisa sesekali melanggarnya. Tidak apa-apa jika memang sudah tidak bisa ditahan tapi hanya satu kali jangan berkali-kali. Biarkan diri Anda melakukan beberapa kesalahan dan terus maju dan memperbaiki diri agar lebih sehat saat diet dan bebas dari diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com