Return to site

5 Tips Saat Anda Didiagnosis Diabetes Tipe 1

December 22, 2020

Apabila Anda di diagnosis mengalami diabetes, tentu saja ini bisa menjadi momen yang paling menakutkan bagi Anda. Namun, seharusnya Anda tidak panik dengan diagnosis tersebut. Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari kondisi, penanganannya, dan obat-obatan seperti insulin harus ada dalam pikiran Anda saat itu juga. Orang tua dan anak-anak yang menghadapi diagnosis baru diabetes tipe 1 memulai periode pembelajaran jangka panjang sebelum Anda harus melakukan langkah-langkah yang lebih kompleks di masa depan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai baru-baru ini didiagnosis menderita diabetes tipe 1, perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup baru tersebut. Sembari mengikuti perjalanan waktu Anda, berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang baru di diagnosis mengalami diabetes tipe 1.

1. Mengatur hidup Anda

Anda harus mulai membiasakan diri hidup dengan cara yang lebih teratur. Ini bukan karena Anda diatur oleh dokter. Tetapi, tindakan yang Anda lakukan ini adalah untuk mengatur diri dan hidup Anda. Semakin lama Anda hidup dengan gaya yang tidak teratur, maka diabetes di dalam tubuh Anda akan semakin berbahaya,

2. Perawatan untuk menyembuhkan

Penelitian untuk melawan diabetes ini berkembang dengan cukup baik. Meskipun saat ini belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan secara instan seperti obat sakit kepala, setidaknya dengan melakukan perawatan untuk penyembuhan masih bisa dilakukan selama masa diagnosis ini baru awal-awal terjadi.

3. Kenali dan temukan perawat kesehatan Anda yang baik

Tujuan untuk mencari perawat kesehatan adalah untuk mengajari Anda cara mengelola diabetes yang Anda alami maupun yang masih merupakan indikasi diabetes.. Semakin sering Anda berkonsultasi dengan perawat kesehatan yang profesional dan ahli di bidang penyakit diabetes, tentu ini akan semakin baik bagi Anda untuk mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai diabetes.

4. Memiliki rencana darurat

Bagaimana pun, diabetes tipe 1 adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan penurunan glukosa darah yang mengancam jiwa. Bawalah alat pengukur glukosa darah Anda dan suplai insulin dan glukagon untuk kondisi darurat. Pastikan Anda memiliki rencana perawatan kesehatan darurat secara mandiri atau yang bisa Anda dapatkan dari perawat kesehatan Anda.

5. Buat hidup lebih mudah dengan mendapatkan dukungan

Orang dengan diabetes adalah bagian dari komunitas yang lebih aktif dari sebelumnya. Kelompok dukungan dan advokasi online tidak hanya dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun jaringan dan mempelajari kondisi Anda, tetapi mereka juga dapat menawarkan tip hebat untuk mengelola kehidupan sehari-hari.

Ilustrasi (c) Unsplash.com