Return to site

5 Tips Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes

October 15, 2020

Diabetes adalah kondisi kronis yang dapat mempengaruhi cara tubuh Anda dalam menggunakan hingga memproses gula darah. Salah satu gejala utama diabetes adalah nyeri saraf, menyebabkan mati rasa pada tangan dan kaki (neuropati perifer). Jika Anda menderita diabetes, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan berkonsultasi pada ahli penyakit kaki. Kerusakan saraf mencegah darah mencapai kaki Anda, sehingga sulit untuk diketahui saat Anda mengalami cedera kaki. Seorang ahli penyakit kaki dapat membantu merawat cedera dan kondisi kaki apa pun serta memberi Anda perawatan pencegahan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga dan mengamati kesehatan kaki Anda

1. Pantau level kadar gula Anda

Memantau kadar gula darah Anda juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kaki dan tubuh Anda. Kadar gula tinggi meningkatkan risiko kerusakan saraf. Selain minum obat, cobalah mengikuti diet sehat dan olahraga. Menurunkan berat badan berlebih membuat diabetes Anda lebih mudah dikelola.

2. Perhatikan kaki anda

Ahli penyakit kaki akan merekomendasikan untuk memeriksa kaki Anda setiap hari untuk memantau apakah ada cedera atau masalah lain. Waspadai lecet, luka, bengkak, kemerahan, atau masalah pada kuku (luka yang disebabkan oleh pemotongan kuku yang kurang rapi). Hal-hal seperti lepuh atau kulit kering membuat Anda berisiko terkena infeksi. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, segera temui ahli penyakit kaki Anda.

3. Kenakan sepatu dan kaus kaki setiap hari

Penderita diabetes perlu melindungi kaki mereka dengan segala cara. Ini berarti bahwa mereka tidak boleh bertelanjang kaki. Selalu kenakan kaus kaki dan sebaiknya mengunakan sepatu saat melakukan aktivitas. Pilih kaus kaki katun atau wol yang tidak terlalu ketat. Untuk sepatu, Anda menginginkan sepasang yang pas, yang tidak terlalu ketat, dan gunakanlah sepatu yang dapat melindungi Anda dari cedera.

4. Perawatan kuku

Ahli penyakit kaki Anda menyarankan agar kuku kaki Anda dipotong dan dibersihkan saat Anda menderita diabetes. Ini mencegah infeksi berbahaya dari kuku kaki yang muncul di sela-sela kuku dan kaki. Saat Anda memotong kuku, lakukalah dengan baik dan pastikan tidak ada bagian yang tajam. Jangan mencoba mengekang atau memotong sudut dan kutikula.

5. Cuci kaki anda

Berhati-hatilah saat mencuci kaki. Selalu cuci dengan air hangat, hati-hati hingga kering setelahnya. Gunakan waslap atau spons yang lembut untuk menghindari cedera. Anda harus melembabkannya setelah kering, hindari mengoleskan lotion di antara jari-jari kaki.

Ilustrasi (c) Unsplash.com