Return to site

5 Hal Ini Dapat Memicu Lonjakan Gula Darah

November 26, 2020

Jika Anda menderita diabetes, pemeriksaan gula darah secara teratur sangatlah penting. Pemeriksaan gula darah membantu Anda mengetahui apa yang efektif dan apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk tetap berada dalam kisaran target Anda. Terkadang, perubahan yang terjadi pada kadar gula darah terjadi seperti tidak masuk akal. Anda makan makanan seimbang, berolahraga dengan baik, dan minum obat tepat waktu, tetapi nilai kadar gula darah Anda tidak sesuai dengan upaya Anda. Apa yang membuat hal tersebut terjadi? Hal semacam ini perlu Anda tanyakan kepada dokter pilihan Anda.

Perlu Anda ketahui pula, mengelola diabetes tidak sesederhana hanya dengan makan dengan benar dan berolahraga. Banyak faktor yang memengaruhi gula darah kita, dan kita mungkin tidak menyadarinya. Berikut beberapa yang mungkin mengejutkan Anda.

1. Penyakit lain yang menyertai (komplikasi)

Saat Anda sakit, tubuh Anda melepaskan hormon yang meningkatkan gula darah Anda. Meskipun Anda mungkin tidak merasakannya saat ini, pastikan untuk menguji gula darah Anda untuk memahami tren ini. Penting juga untuk mengikuti rencana pengobatan dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan saat Anda sakit dan bagaimana Anda dapat mengelola gula darah saat Anda sembuh. Anda juga dapat mengontrol gula darah dengan konsumsi obat-obatan herbal, hal ini akan membantu Anda memiliki rasa ketergantungan terhadap obat kimia. DMPhas adalah salah satu obat herbal diabetes yang dapat Anda pilih untuk perawatan maupun untuk pencegahan diabetes.

2. Stres

Pernahkah Anda memperhatikan peningkatan gula darah saat Anda stres? Itu karena stres memicu respons melawan-atau-lari tubuh Anda, dan dapat melepaskan hormon yang menyebabkan peningkatan gula darah. Saat Anda mengalami stres yang berlebihan, seperti beban kerja yang lebih besar atau masalah keluarga, penting untuk mencari cara untuk meredakan stres tersebut untuk membantu keseimbangan glukosa darah Anda.

3. Kurang tidur

Istirahat malam yang nyenyak bukan hanya penting bagi kita semua, tetapi harus menjadi prioritas utama bagi penderita diabetes. Tidur membantu tubuh kita mengatur ulang dan mengatur hormon. Kurang tidur dapat mengakibatkan konsumsi lebih banyak makanan untuk energi, sehingga menyebabkan peningkatan gula darah.

4. Waktu makan dan pengobatan

Apakah Anda mengatur waktu makanan dan obat-obatan Anda dengan benar? Waktu pengobatan yang tepat adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga kadar gula darah Anda. Jika Anda minum obat terlalu cepat, Anda mungkin mengalami hipoglikemia. Jika Anda terlambat meminumnya, Anda mungkin melihat lonjakan gula darah. Tetap mengikuti jadwal pengobatan Anda adalah cara yang membantu untuk memastikan gula darah Anda berada dalam kisaran.

5. Kafein

Apakah Anda suka secangkir kopi pagi hari? Bisa jadi di balik lonjakan gula darah pagi hari yang terjadi pada tubuh Anda dikarenakan kopi yang baru saja Anda konsumsi. Meskipun setiap orang itu memiliki kebiasaan yang unik dan tanda-tanda diabetes yang berbeda, jika Anda mengkonsumsi kafein sebagai bagian dari rutinitas Anda, pertimbangkan untuk menurunkan konsumsi kafein. Hal ini dapat membantu Anda menjaga kadar gula dalam darah Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com