Return to site

5 Daftar Makanan Alternatif Untuk Perawatan & Pencegahan Diabetes

November 24, 2020

Terdapat 463 juta jiwa di seluruh dunia yang saat menderita diabetes berdasarkan data yang dirilis oleh International Diabetes Federation (IDF) (arsip). Hasil ini tentunya sudah cukup untuk menunjukkan bahwa diabetes adalah penyakit serius yang penderitanya selalu meningkat, Akan tetapi, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegahnya, termasuk dengan makanan. Berikut adalah jenis makanan yang perlu Anda masukkan ke dalam diet Anda jika Anda menderita diabetes tipe 2 atau ingin menurunkan risiko terkena diabetes:

1. Alpukat

Buah hijau favorit semua orang sangat bagus untuk diet dan pencegahan diabetes. Alpukat merupakan salah satu buah dengan sumber serat yang baik untuk tubuh. Alpukat juga merupakan sumber lemak yang menyehatkan untuk jantung Anda. Sebuah studi dari Loma Linda University menemukan bahwa menambahkan setengah buah alpukat ke dalam makanan dapat menurunkan kadar insulin darah 30 menit setelah makan, hal ini tentu dapat membantu Anda yang memiliki kadar insulin tinggi untuk melakukan tindakan alami dalam menurunkan insulin.

2. Buah Kenari

Renyah dan mengenyangkan, kenari juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet penghilang diabetes. Sebuah studi epidemiologi berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination Survey, menemukan bahwa orang dewasa yang menggandakan konsumsi kenari menjadi 3 sendok makan setiap hari mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Seafood

Makan seafood secara teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda. Menurut American Diabetes Association, asam lemak omega-3 pada seafood tidak hanya bagus untuk melindungi jantung Anda, tetapi juga mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan efektivitas insulin. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan ikan seperti salmon Alaska dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Kacang pistachio/kacang pohon

Kecil tapi banyak manfaat, itulah mengapa kacang pistachio dapat menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita atau pencegahan diabetes. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Diabetes Care menunjukkan bahwa makan setengah cangkir kacang pistachio setiap hari selama empat bulan dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin pada orang dengan pradiabetes.

5. Gandum

Telah didokumentasikan dengan baik bahwa kandungan zat pada gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Para peneliti juga menghubungkan gandum dengan kandungan beta-glukan yang memiliki kemampuan untuk menjaga glukosa darah dalam kisaran normal pada orang sehat dan pada individu dengan diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com