Return to site

5 Cara Untuk Menaikkan Berat Badan Jika Anda Memiliki Diabetes

November 25, 2020

Menambah berat badan bisa memiliki risiko, terutama jika Anda tidak memperhatikan diabetes yang Anda miliki. Untuk menjaga agar gula darah Anda tetap terkendali, penting untuk mengikuti diet sehat dengan mengkonsumsi makanan padat nutrisi yang juga lebih tinggi kalori dan termasuk karbohidrat yang memiliki nilai indeks glikemik rendah. Pastikan untuk berbicara dengan dokter atau ahli diet sebelum Anda mengubah pola makan dan rencana olahraga untuk menambah berat badan. Beikut adalah beberapa tips yang juga dapat Anda lakukan untuk membantu memudahkan menaikkan berat badan.

1. Temukan jumlah berat badan ideal yang Anda inginkan

Dalam beberapa hal, menambah berat badan mirip dengan menurunkan berat badan: Anda perlu tahu berapa nilai berat badan ideal Anda dan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk mencapainya. Mulailah dengan membandingkan berat badan dan BMI Anda saat ini. Dari hasil yang Anda dapatkan, tetapkan satu target keseluruhan yang menyatakan jumlah total berat yang ingin Anda tambah.

2. Perbanyak makanan yang padat nutrisi

Mendapatkan lampu hijau untuk menambah asupan kalori bukan berarti Anda memiliki izin untuk memakan semua makanan yang Anda lihat termasuk makanan yang manis atau memiliki kadar nutrisi tinggi yang disertai dengan kadar glikemik yang tinggi. Memang, makan makanan manis dan berlemak akan membantu Anda menambah berat badan. Tetapi, Anda harus ingat bahwa tujuan Anda menambah berat badan saat ini di saat Anda sedang menjalani proses pengobatan atau pencegahan diabetes.

3. Beralihlah pada makanan dengan kandungan karbohidrat rendah kadar gula

Jika Anda mencoba menambah jumlah berat badan, tidak ada salahnya memasukkan beberapa sumber tambahan karbohidrat kompleks ke dalam rencana makan Anda. Tetapi jika Anda menambah karbohidrat, pastikan sebagian besar pilihan Anda adalah karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah, yang tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah Anda. Oatmeal, ubi, kacang-kacangan, roti gandum, pasta gandum, dan beras merah merupakan beberapa pilihan terbaik yang dapat Anda konsumsi berdasarkan saran dari American Diabetes Association.

4. Jatah waktu ngemil dengan serius

Hitung waktu ngemil yang Anda lakukan untuk mengontrol diri Anda agar tidak terlalu banyak ngemil makanan yang salah. Pastikan pula bahwa Anda telah memilih makananringan yang padat nutrisi seperti roti alpukat, gandum utuh, irisan apel dengan selai kacang, yogurt kacang-kacangan dan biji-bijian (coba campuran kenari, almond, kacang mete, kacang macadamia, biji labu, biji bunga matahari , dan sebagainya).

5. Tingkatkan asupan makanan yang memiliki jumlah kalori yang tepat untuk Anda

Tentukan jumlah kalori yang perlu Anda makan setiap hari untuk menjaga berat badan Anda. Tetapi, yang harus Anda ingat adalah dengan tetap memperhitungkan target yang berat badan dan nilai kalori yang tepat dan tidak membahayakan Anda. Karena diabetes merupakan penyakit yang cukup sulit untuk bisa disembuhkan apabila Anda mengkonsumsi makanan tanpa kontrol.

Ilustrasi (c) Unsplash.com