Return to site

5 Cara Mengontrol Diabetes Dengan Aktivitas Sederhana

September 14, 2020

Mengontrol atau mengelola diabetes tidak harus dilakukan dengan cara yang berat. Anda dapat mengelola diabetes hanya dengan melakukan beberapa tindakan sepele yang sebenarnya efektif untuk menjaga Anda dari infeksi maupun penyakit-penyakit lainnya. Di sini kami akan memberikan beberapa aktivitas ringan yang efektif untuk mengontrol diabetes yang Anda alami. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Mengingat alas kaki dengan meletakkannya di tempat terbuka

Meletakkan alas kaki di dekat pintu atau di depan pintu di teras rumah akan membuat Anda selalu ingat untuk menggunakan alas kaki sebelum keluar rumah. Metode ini sangat sederhana namun akan sangat efektif untuk menghindari lupa dan terlukanya kaki yang dapat menimbulkan terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes.

2. Memeriksa tubuh secara rutin

Selalu mengamati tubuh ketika Anda sedang mengeringkan tubuh setelah mandi dan kemudian perthatikan pula jika Anda melihat adanya ruam atau luka. Segera obati jika Anda menemukan obat yang cocok untuk digunakan pada ruam atau luka tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk meperhatikan tempat-tempat yang lembab dan tersembunyi yang dapat membuat kuman maupun bakteri nyaman berada di tubuh Anda.

3. Membawa makanan ringan yang aman untuk Anda konsumsi untuk dikonsumsi pada keadaan tertentu

Selalu menyiapkan makanan ringan yang aman untuk Anda konsumsi setiap kali keluar rumah. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari makanan yang tidak sehat atau mengkonsumsi makanan ringan yang berlebihan. Konsultasikan pada dokter Anda, snack seperti apa yang cocok untuk kondisi tubuh Anda.

4. Rajin minum air putih

Kurangi minum-minuman manis yang berlebihan seperti jus, minuman dalam kemasan (teh manis, kopi) dan lain sebagainya. Konsumsi air putih akan lebih efektif untuk mengurangi rasa haus daripada Anda mengkonsumsi minuman manis.

5. Selalu menyediakan P3K

Dikarenakan luka kecil dapat menjadi infeksi serius bagi penderita diabetes, sebaiknya Anda selalu menyediakan P3K yang dapat Anda bawa kemana pun Anda pergi. Anda juga perlu menaruh kotak P3K di beberapa tempat di rumah untuk mencegah Anda kehabisan alat perlengkapan karena kurangnya perhatian Anda terhadap perlengkapan P3K.

Ilustrasi (c) Unsplash.com