Return to site

4 Penyakit Ini Dapat Dialami Oleh Pasien Diabetes Tanpa Disadari

February 15, 2021

Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat merusak tubuh Anda secara perlahan-lahan. Bahkan, tanpa manajemen yang baik, Diabetes Anda akan meningkatkan komplikasi ekstrem untuk tubuh Anda. Pada kebanyakan kasus, diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang dapat dialami seumur hidup oleh pasiennya. Maka dari itu, Anda harus bisa melakukan manajemen diabetes dengan baik agar Anda tetap hidup seperti orang normal. Sebagai bahan edukasi untuk Anda, tanpa ada maksud untuk menakut-nakuti, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang bisa diderita oleh pasien diabetes tanpa diketahui.

1. Kerusakan pada pembuluh darah

Pembuluh darah merupakan bagian tubuh yang elastis jika mendapatkan aliran darah yang baik. Ketika Anda memiliki diabetes, elastisitas dari pembuluh darah berkurang dikarenakan gula darah yang tinggi. Jika Anda tidak dapat mengontrol gula darah dengan baik, berkurangnya elastisitas dari pembuluh darah ini dapat menimbulkan risiko stroke.

2. Rusaknya saraf-saraf penting dalam tubuh Anda

Selain ancaman kerusakan pembuluh darah, diabetes dapat memicu kerusakan pada saraf-saraf penting dalam tubuh Anda. Yang paling umum dialami oleh pasien diabetes adalah kerusakan pada saraf kaki, tangan dan jari (kaki/tangan). Kerusakan ini dapat menyebabkan organ tersebut menjadi mati rasa.

3. Gagal ginjal

Komplikasi ganas selain penyakit jantung yang disebabkan oleh diabetes adalah gagal ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal tidak dapat lagi bekerja dengan efisien. Kegagalan ginjal dalam menyaring limbah tubuh dengan baik ini menjadi pemicu utama gagal ginjal dari pasien diabetes. Ini merupakan komplikasi yang paling sering dialami oleh pasien diabetes. Bahkan, American Diabetes Association menyebutkan, jumlah pasien diabetes yang mengalami gagal ginjal mencapai 44%.

4. Saluran pencernaan

Masalah lain yang dapat ditimbulkan oleh diabetes dan sering tidak disadari oleh pasien adalah masalah saluran pencernaan atau yang dikenal dengan Gastroparesis. Meskipun sering tidak disadari oleh pasien, Gastroparesis ini memiliki tanda-tanda gejala seperti mual, nyeri pada perut dan juga naiknya asam lambung.

Itulah 4 jenis penyakit yang dapat dialami oleh pasien diabetes tanpa disadari oleh sebagian besar pasien. Solusi untuk menghindari semua masalah diatas adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter, menjalankan manajemen diabetes dengan baik. Anda juga dapat mengambil langkah tambahan dengan mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas yang terbuat dari ekstrak pare dan buncis. DMPhas merupakan obat yang diproduksi di Indonesia dan menggunakan bahan baku dari petani-petani Indonesia dengan memperhatikan kualitas bahan yang akan digunakan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com