Return to site

4 Macam Sayuran Dengan Indeks Glikemik Rendah Untuk Penderita Diabetes

August 6, 2020

Diet diabetes harus disertai dengan asupan makanan yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Indeks glikemik (GI) adalah yang umum digunakan untuk membantu menentukan makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini adalah nilai yang digunakan untuk mengukur bagaimana makanan tertentu mempengaruhi kadar gula darah Anda. Dengan memahami indeks Ini Anda akan memahami seberapa cepat tubuh Anda mengubah karbohidrat yang ada dalam makanan menjadi glukosa. Karena dari dua makanan dengan jumlah karbohidrat yang sama dapat memiliki angka indeks glikemik yang berbeda.

Saat melakukan diet untuk diabetes, Anda harus mengkonsumsi banyak sayuran yang sarat dengan nutrisi penting dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Sayuran dengan GI rendah dapat menjadi bagian dari diet diabetes. Semakin rendah angka GI, semakin kecil dampaknya terhadap gula darah. Ada tiga peringkat GI

  • GI rendah: 55 atau kurang,
  • GI menengah - 56-69
  • GI tinggi - 70 atau lebih tinggi.

Berikut daftar sayuran dengan GI rendah yang bisa ditambahkan diabetes ke dalam makanan untuk diet diabetes Anda.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung sedikit karbohidrat. Sayuran hijau ini sarat dengan nutrisi penting yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dalam beberapa cara. Ini juga rendah kalori.

2. Tomat

Tomat juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Tomat juga memiliki peringkat GI rendah. Tomat juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Anda juga dapat menambahkan tomat ke berbagai resep masakan yang Anda masak setiap hari. Tak hanya itu saja, tomat juga dapat dikonsumsi secara mentah.

3. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang sangat memiliki banyak manfaat dan dikonsumsi dengan caa-cara yang sederhana. Bayam bermanfaat untuk penderita diabetes serta untuk penurunan berat badan. Anda dapat menambahkan bayam ke salad, sup, sandwich, dan resep lainnya. Bayam rebus juga bisa menjadi bagian dari diet Anda.

4. Wortel

Wortel memiliki skor GI 39, meskipun demikian, wortel mengandung protein dan serat. Dengan jumlah GI yang rendah, ini membuat wortel menjadi camilan sehat yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa lapar di malam hari.

Sayuran merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Penderita diabetes harus mengkonsumsi dengan jumlah yang tepat dan seimbang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui jumlah tepat yang sesuai dengan diet Anda. Jumlah karbohidrat juga mempengaruhi kadar gula darah. GI juga memiliki keterbatasan tertentu karena dapat bervariasi dalam bentuk matang dan mentah dari sayuran yang sama. Perlu Anda ingat kembali, bahwa berkonsultasi pada dokter adalah hal terbaik untuk menjaga diri Anda tetap sehat dalam menjalankan diet diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com