Return to site

4 Hal Yang Harus Diketahui & Dilakukan Oleh Pasien Diabetes

February 11, 2021

Jika Anda hidup sebagai pasien diabetes, Anda tahu betapa sulitnya mengelola gula darah Anda. Diabetes memengaruhi cara tubuh Anda mengelola kadar gula atau glukosa. Menjaga kadar insulin bisa menjadi tantangan. Anda harus berhati-hati dengan aktivitas sehari-hari seperti makan dan olahraga. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahu dan juga harus Anda lakukan sebagai pasien diabetes:

1. Insulin

Tubuh kita membutuhkan insulin untuk membantu memberi energi dari makanan yang Anda makan masuk ke dalam sel Anda. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak memproduksi insulin. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan benar. Ini dikenal sebagai resistensi insulin. Insulin penting karena mengatur jumlah gula dalam darah Anda.

2. Memeriksa Gula Darah Anda

Penting untuk memantau dan memahami kadar gula Anda. Menjaga kadar gula Anda dalam kisaran yang baik dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit ginjal atau kehilangan penglihatan. Dokter Anda akan memberi tahu Anda kapan Anda harus memeriksa gula darah Anda. Paling umum, orang memeriksa level gula darah mereka ketika mereka pertama kali bangun, tepat sebelum makan, dua jam setelah makan dan pada waktu tidur. Jika gula darah Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi, itu bisa menimbulkan masalah.

  • Gula darah tinggi adalah ketika level gula darah Anda di atas 180 mg/dL atau melebihi level normal Anda berdasarkan keterangan dokter. Tanda-tandanya antara lain kelelahan, penglihatan kabur dan sering buang air kecil. Cobalah minum segelas air dan lakukan olahraga.

  • Gula darah rendah adalah saat kadar gula darah Anda di bawah level 70 mg/dL. Rasa lapar yang berlebihan, keringat dan perasaan gemetar adalah tanda-tanda bahwa gula darah Anda rendah. Bawalah makanan ringan yang disarankan dokter bersama Anda. Segera makan camilan tersebut ketika mengalami tanda-tanda tersebut. Uji kadar gula darah Anda 15 menit kemudian. Jika Anda tidak melihat adanya peningkatan kadar gula darah, teruskan mengemil hingga kembali normal. Ingat, Ini bukan tentang segala macam camilan, tapi ini merupakan camilan yang sehat yang disarankan oleh dokter.

3. Dampak olahraga bagi tubuh Anda

Olahraga dapat membantu menurunkan kadar gula dengan membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin. Otot Anda lebih baik dalam menggunakan insulin untuk mengambil gula selama dan setelah aktivitas fisik. Selain itu, sel dapat mengambil gula darah dan menggunakannya untuk energi saat otot berkontraksi selama olahraga, baik insulin tersedia atau tidak. Selain itu, olahraga dapat membuat tulang dan jantung menjadi kuat, meningkatkan sirkulasi, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol level.

4. Tetap aktif secara fisik

Kebanyakan dokter akan merekomendasikan 30 menit olahraga sedang hingga berat setidaknya 5 hari per minggu. Lakukan hal ini secara teratur, jika diperlukan siapkan pengingat disamping Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com