Return to site

4 Cara Menyimpan Insulin Di Rumah & Saat Bepegian

February 10, 2021

Seorang pasien diabetes tidak harus membawa insulin saat bepergian atau menyediakan insulin di rumah. Terapi insulin ini diperlukan apabila diabetes Anda benar-benar sudah berada pada level yang serius. Khusus untuk Anda yang saat ini menjadi pasien diabetes dan diwajibkan oleh dokter untuk melakukan terapi insulin secara mandiri, Anda harus bisa memastikan bagaimana cara yang benar dalam menyimpan insulin agar tidak rusak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menyimpan insulin baik untuk bepergian atau saat di rumah.

1. Jauhkan insulin dari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang mengenai insulin baik secara langsung maupun yang sempat terhalang kaca jendela juga dapat mengakibatkan kerusakan. Maka dari itu, jika Anda menyimpan insulin, pastikan tempat penyimpanan yang Anda pilih benar-benar netral dari sinar matahari. Dengan memastikan hal ini, maka persediaan insulin yang Anda miliki tidak cepat rusak. Begitupun saat Anda bepergian, Anda harus memastikan insulin yang Anda miliki tidak rusak dan tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Jika bepergian, jauhkan insulin dari sumber panas

Ketika Anda bepergian, Anda harus pintar-pintar memilih tempat duduk, apalagi jika menggunakan kendaraan umum. Jika Anda ingin bepergian, pastikan insulin yang Anda bawa jauh dari sumber panas baik dari mesin kendaraan, Selain mesin kendaraan, alat elektronik yang menghasilkan panas seperti laptop yang menyala dalam beberapa jam juga dapat menyebabkan insulin rusak. Maka dari itu, jauhkan persediaan insulin Anda dari benda elektronik apapun yang menghasilkan sumber panas.

3. Pastikan insulin Anda tidak membeku

Pada kondisi tertentu dan dalam suhu ruangan tertentu, insulin yang Anda miliki dapat membeku. Seperti saat Anda menaruh insulin di dalam tas yang disimpan di dalam bagasi pesawat, atau melakukan perjalanan ke luar negeri yang dingin hingga -0 derajat. Hal ini dapat membuat insulin Anda beku dan tidak dapat lagi untuk digunakan. Maka dari itu, Anda harus memiliki tempat penyimpanan insulin yang bebas di segala kondisi. Hal ini tentunya akan membantu menjaga kualitas insulin yang Anda simpan.

4. Menyediakan cadangan untuk menjaga kadar gula

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat membawa persediaan insulin tambahan. Anda juga dapat membawa obat herbal diabetes DMPhas jika dalam perjalanan, karena obat herbal diabetes DMPhas merupakan obat herbal diabetes yang terbuat dari ekstrak buncis dan pare yang dipercaya dapat mengontrol kadar gula untuk pasien diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com