Return to site

3 Tips Perawatan Bagi Penderita Diabetes Selama Pandemi

August 19, 2020

Pandemi ini telah mengingatkan kita dan memberi kita kesempatan untuk mengontrol apa yang dapat dikendalikan untuk diri kita. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai meningkatkan kebiasaan sehat dengan menjalankan 3 hal untuk perawatan diri yang dapat Anda kendalikan dalam menangani diabetes tipe 2 selama pandemi Corona.

1. Minumlah obat sesuai petunjuk

Banyak berita hoax yang mengatakan bahwa mengkonsumsi obat diabetes atau obat untuk meredakan tekanan darah tinggi membuat Anda lebih rentan terkena virus COVID. Itu tidak benar. Jika Anda berhenti minum obat yang diberikan oleh dokter, tentu Anda mempersiapkan diri untuk mengalami komplikasi yang lebih serius.

Sementara kita melakukannya, Anda juga harus ingat bahwa minum alkohol atau merokok tidak akan membunuh virus atau melindungi Anda. Kedua aktivitas menurunkan kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan risiko yang buruk.

2. Tetap aktif saat Anda di rumah

Olahraga seperti berjalan dan mengangkat beban ringan penting untuk manajemen diabetes. Ini dapat membantu Anda mencapai berat badan yang sehat, yang dapat meningkatkan kontrol gula darah Anda. Olahraga juga dapat mengurangi risiko Anda mengalami masalah kronis lainnya, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Tetap aktif menjaga peluang untuk memantau kesehatan kaki dan kaki Anda. Neuropati, atau hilangnya sensitifitas rasa pada kaki yang sering terjadi pada diabetes. Jika Anda memilikinya dan menginjak benda yang melukai kaki Anda, Anda mungkin tidak merasakan hal tersebut. Luka inilah yang dapat menyebabkan infeksi serius yang sulit dikendalikan.

3. Mengkonsumsi makanan dengan benar

Mengelola nutrisi Anda adalah tindakan penyeimbangan untuk menjaga diri Anda tetap sehat selama COVID. Anda membutuhkan jumlah dan jenis karbohidrat yang tepat untuk mempertahankan kadar gula darah yang sehat sepanjang hari.

Isi menu makanan Anda dengan beberapa macam makanan berikut ini:

  • Sayuran non-tepung, seperti brokoli, tomat, dan kacang hijau
  • Buah-buahan yang aman untuk penderita diabetes
  • Kacang-kacangan khususnya buncis
  • Biji-bijian utuh, termasuk beras merah dan gandum

Cobalah untuk menghindari beberapa hal berikut:

  • Permen, seperti permen dan kue
  • Keripik dan camilan asin
  • Jus dan soda
  • Teh manis
  • Roti manis
  • Sereal olahan
  • Nasi putih

Pasien dengan diabetes tipe 2 lebih rentan mengalami dehidrasi. Masalah pada insulin menyebabkan tambahan gula dalam darah, yang berarti ginjal Anda harus bekerja lebih keras untuk menghilangkannya. Jika ginjal Anda tidak bekerja dengan benar, maka Anda akan lebih sering buang air kecil dan berpotensi mengalami dehidrasi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com