Return to site

Yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua, Agar Anak Terbebas Dari Retinopati Diabetik

April 14, 2022

Diabetes memengaruhi mikrovaskulatur atau pembuluh darah kecil di tubuh dan mata pasien, biasanya hal ini juga dapat memengaruhi retina (yang merupakan jaringan saraf di bagian belakang mata yang bertanggung jawab untuk menerima cahaya dan mengirimkan gambar ke otak), yang mengarah ke suatu kondisi yang disebut retinopati diabetik. Pada retinopati diabetik, karena kadar gula darah tinggi, pembuluh darah retina menjadi bocor dan tersumbat, hal ini pun sangat memengaruhi suplai darah ke retina. Sebagai tanggapan, mata menumbuhkan pembuluh darah baru yang abnormal, yang berdarah ke mata dan berdampak parah pada penglihatan, akhirnya berkembang menjadi ablasi retina. Anak-anak yang memiliki diabetes, sangat rentan terkena penyakit retinopati diabet. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam memberikan perawatan diabetes untuk anak Anda agar tidak mengalami masalah pada penglihatannya. Lalu, Apa yang harus dilakukan orang tua untuk menghindari masalah mata akibat diabetes

1. Waspadai gejala yang berhubungan dengan diabetes

Rasa haus yang meningkat dan keinginan untuk buang air kecil berulang kali, kelelahan, penggelapan kulit terutama di leher dan ketiak, mulut kering dan penglihatan kabur adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai. Dianjurkan untuk menghubungi dokter Anda jika gejala-gejala ini muncul untuk melihat apakah anak Anda harus diuji untuk diabetes.

2. Kondisi penglihatan anak

Setiap gejala okular retinopati diabetik seperti penglihatan kabur dan terdistorsi, floaters and flashes, gangguan warna dan kontras harus mengingatkan orang tua dan anak-anak tentang masalah penglihatan. Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mereka harus menemui dokter mata. Jika didiagnosis dengan retinopati diabetik yang mengancam penglihatan, berdasarkan penilaian dokter, pengobatan akan mengikuti yang termasuk suntikan mata, perawatan laser dan/atau pembedahan.

3. Pola hidup sehat

Untuk menghindari diabetes dan kondisi terkait lainnya, orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk makan sehat, melakukan beberapa bentuk aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur sambil mempertahankan BMI (Indeks Massa Tubuh) yang sehat. Ingat, jika tidak ada diabetes, tidak akan ada retinopati diabetik dan kondisi mata terkait lainnya. Bahkan pada pasien diabetes yang diketahui sudah positif, kadar gula darah dan tekanan darah yang terjaga dengan baik diketahui dapat mengurangi dan menunda perkembangan komplikasi pada penglihatan yang mengancam retinopati diabetik dan kondisi komorbiditas lainnya.