Return to site

Yang Harus Anda Lakukan Saat Diet Karbohidrat

April 12, 2021

Karbohidrat merupakan salah satu zat pada makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah bagi pasien diabetes. Untuk itu, banyak sekali pasien diabetes yang melakukan diet karbohidrat untuk menjalankan manajemen diabetes untuk menjaga kadar gulanya tetap stabil atau setidaknya mendekati angka normal. Karena dengan menjaga kadar gula darah tetap pada posisi sama atau mendekati angka normal, pasien diabetes dapat terlihat sehat seperti orang normal tanpa diabetes. Untuk melakukan diet diabetes, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan metode. Pasalnya, ketika Anda melakukan diet karbohidrat yang sangat ekstrim, itu artinya Anda juga sedang berusaha membahayakan diri Anda sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda dapat menjalankan diet karbohidrat dengan lebih baik.

1. Mengetahui tingkat karbohidrat yang dibutuhkan tubuh Anda

Setiap orang memiliki tingkat kebutuhan karbohidrat yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda yang ingin memulai melakukan diet diabetes wajib mempelajari tingkat kebutuhan tubuh akan karbohidrat itu sendiri. Jika Anda mengerti tingkat kebutuhan karbohidrat, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan porsi makanan yang harus Anda konsumsi.

2. Mengetahui jumlah karbohidrat dalam tiap makanan

Setiap makanan memiliki kandungan karbohidrat yang berbeda-beda. Ketika Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, tentu ini akan menggagalkan usaha diet yang Anda lakukan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jumlah karbohidrat dalam tiap makanan yang Anda konsumsi.

3. Konsultasi dengan dokter

Perlu Anda ketahui, setiap hari seseorang memiliki tingkat kebutuhan karbohidrat yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada aktivitas yang dan juga kadar gula darah Anda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menentukan jumlah karbohidrat yang tepat, maka Anda perlu meminta masukan dari dokter. Mengonsultasikan dengan dokter tentunya akan membantu Anda menemukan jumlah karbohidrat yang Anda butuhkan.

4. Catat dan kenali polanya

Anda dapat mencatat hasil test gula darah yang Anda lakukan setiap hari. Cobalah untuk mengenalinya dengan melakukan test sebelum makan, menu makanan yang Anda konsumsi dan kemudian, setelah sekitar satu jam, cobalah untuk mengukur kadar gula darah Anda. Kemudian, kenali pola makanan yang Anda butuhkan dari pengumpulan data yang Anda lakukan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan menentukan aktivitas yang harus dilakukan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com