Return to site

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kadar Gula Darah

September 8, 2020

Kadar gula darah harus selalu dikontrol oleh semua orang tidak terkecuali. Dengan cara ini seseorang dapat menghindari potensi diabetes. Terlebih lagi bagi Anda yang terkena diabetes, maka Anda harus memeriksakan kadar gula darah sesering mungkin. Pasalnya, ketika Anda tidak memperhatikan kadar gula darah dalam tubuh Anda yang mengidap diabetes maupun gejala diabetes akan menambah risiko penyakit yang semakin mengerikan untuk tubuh Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang kadar gula darah dalam tubuh Anda.

1. Kadar gula darah yang normal

Nilai kadar gula darah memiliki nilai yang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan juga aktivitas. Untuk kadar gula darah normal bagi yang tidak menderita diabetes berkisar pada kisarab 70 – 130 mg/dl. Perubahan nilai kadar gula darah akan berubah setelah Anda makan. American Diabetes Association dalam rilisnya menyebutkan kadar gula darah satu jam setelah makan akan berada pada kisaran 90-130 mg/dL dan akan berada pada kisaran 90-110 mg/dL dua jam setelah makan. Kadar gula akan semakin berkurang lima jam setelah makan yang berada pada kisaran 70-90 mg/dL.

2. Menormalkan kadar gula darah yang tinggi

Bagi orang sehat, kadar gula darah akan kembali normal beberapa jam setelah makan. Hal ini terjadi karena insulin dapat bekerja mengubah gula menjadi energi. Sedangkan bagi orang-orang yang terkena diabetes, mengatur pola makan sangat penting untuk menjaga kadar gula termasuk juga dengan melakukan suntik insulin jika diperlukan.

3. Selain makanan, apa yang membuat kadar gula darah tinggi?

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, kadar gula darah juga dapat meningkatkan dikarenakan beberapa faktor yang sama sekali tidak berhubungan dengan makanan. Seperti, stress, kurang olahraga, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan juga dikarenakan infeksi.

4. Cara agar menjaga kadar gula darah tetap berada pada standar normal

Salah satu kunci utama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal adalah mencegah makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, lebih mengutamakan gaya hidup sehat serta rutin dalam berolahraga. Istirahat yang cukup dan menghindari stress juga akan membantu Anda menjaga kadar gula dalam tubuh Anda tetap normal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com