Return to site

Tips Untuk Merevolusi Gaya Hidup Bagi Pasien Diabetes

September 22, 2021

Gula tidak selalu manis, karena kebanyakan konsumsi makanan dan minuman mengandung gula yang tinggi akan membuat Anda tidak dapat mengonsumsi makanan sesuka Anda. Ketika Anda mengalami kasus kelebihan gula yang memasuki aliran darah Anda, atau yang juga dikenal sebagai 'kadar gula darah tinggi' atau "hiperglikemia". Hiperglikemia adalah salah satu keadaan yang menyebabkan Diabetes. Diabetes mellitus adalah gangguan kronis yang disebabkan oleh kebiasaan makan yang turun-temurun maupun yang Anda mulai dari diri sendiri yang tidak standar dan gaya hidup sehat, yang tidak aktif hingga menyebabkan volatilitas kadar gula darah. Ada berbagai jenis diabetes, diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Jika Anda merupakan salah satu pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2, berikut adalah tips untuk merevolusi gaya hidup Anda untuk bisa menjalani hidup sebagai orang normal tanpa diabetes:

1. Makan secara teratur

Konsumsi makanan sehari-hari Anda harus didistribusikan di 3 waktu makan utama (yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam) dan 3 camilan sehat di antara waktu makan untuk menahan rasa lapar, namun camilan yang Anda konsumsi haruslah yang memiliki serat dan minim gula. Jumlah gula maupun karbohidrat makanan ringan tidak boleh sama dengan salah satu dari 3 kali makanan utama Anda. Camilan sebelum tidur yang sehat membantu pasien diabetes untuk mengatasi hipoglikemia tengah malam atau dini hari (kadar gula darah rendah).

2. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks lebih baik daripada karbohidrat sederhana. Umumnya, karbohidrat sederhana dapat ditemukan dari jenis makanan seperti gula, madu, jaggery, permen, coklat, muffin, jus buah, minuman berkarbonasi, nasi, maida, sabudana atau tapioka, dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut memiliki karbohidrat tinggi namun tidak mengandung serat sehingga penyerapannya cepat menyebabkan lonjakan darah kadar gula. Makanan seperti gandum, buah-buahan dengan kulit dan ampas, nasi dengan sayuran, salad, segala jenis sayuran, roti gandum, mie gandum, pasta gandum, dll. adalah beberapa contoh karbohidrat kompleks yang kaya akan kandungan serat. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, Anda dapat meningkatkan kualitas karbohidrat yang ditambah serat sehingga periode pencernaan dan penyerapan lebih lama dari biasanya.

3. Kurangi gula tambahan

Kita semua menyukai gula dalam makanan dan sulit untuk menolak atau mengurangi varian. Oleh karena itu, pengganti gula yang praktis adalah titik awal yang baik. Misalnya minuman berlabel rendah gula atau '0' gula, minuman energi nol kalori, air kelapa, susu murni, buttermilk, berbagai jenis teh rasa, dan kopi tanpa tambahan gula rafinasi/alami dan potongan buah-buahan dengan kulit adalah pengganti yang sehat untuk minuman berlabel gula '0'. Gula.

Selain itu, konsumsi pemanis rendah atau nol kalori (yaitu pemanis buatan) memoderasi kadar glukosa darah dan berat badan kita. Sebagian besar pemanis yang tersedia di toko mungkin lebih berbahaya daripada bermanfaat bagi tubuh kita. Dalam kasus pengobatan diabetes, ada beberapa kondisi 'hipoglikemia' (hipo) di mana minuman manis dapat digunakan secukupnya untuk pengobatan. Untuk kasus khusus ini, penting untuk tidak mengurangi asupan gula sebagai bagian dari manajemen diabetes Anda. Namun, jika terjadi hipoglikemia berkepanjangan (yaitu kadar gula darah rendah), konsultasikan dengan dokter dan tim manajemen diabetes Anda tentang rencana diet.

4. Makanlah dengan kualitas dan kuantitas protein yang baik

Seorang pasien diabetes, disarankan untuk memiliki porsi protein yang cukup besar seperti daging tanpa lemak, telur, telur, ayam, ikan, dll dalam diet Anda jika Anda non-vegetarian. Namun, jika Anda vegetarian, Anda harus memastikan yang Anda konsumsi mengandung protein dari sumber nabati dan susu seperti brokoli, paneer buatan sendiri, keju rendah lemak, berbagai jenis kacang-kacangan dan polong-polongan, kedelai, jamur, tahu akan membantu Anda untuk mendapatkan protein berkualitas

5. Lemak yang lebih sehat memudahkan aliran darah Anda

Lemak menghasilkan energi dalam tubuh kita. Vitamin dan mineral diserap dalam tubuh kita dengan bantuan molekul lemak untuk memberi kita energi dan kekuatan kekebalan. Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis lemak yang berdampak positif atau negatif bagi kesehatan kita? Minyak goreng (misalnya minyak dedak padi, minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak canola, minyak kedelai, minyak jagung, minyak zaitun), kacang tawar, biji-bijian, alpukat, ikan berminyak adalah sumber lemak sehat yang menyediakan kolesterol baik dalam tubuh kita. Sebaliknya, lemak jenuh meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam darah, sehingga menyebabkan penyakit jantung dan penyumbatan arteri.

Ilustrasi (c) Unsplash.com