Return to site

Tips Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pasien Diabetes

June 9, 2021

Diabetes merupakan penyakit yang umumnya diawali dengan gejala kenaikan insulin dan kadar gula darah. Kondisi ini dapat memicu berbagai kerusakan pada organ maupun gangguan fungsi tubuh secara keseluruhan jika tidak dikelola dengan baik. Akibatnya, daya tahan tubuh seorang pasien diabetes dapat menurun dan mereka lebih cenderung rentan terkena berbagai jenis penyakit lainnya atau mengalami komplikasi.

Daya tahan tubuh pasien diabetes, terlebih lagi bagi diabetes tipe 2, sangat rentan mengalami penurunan karena tubuh pasien diabetes tipe 2 mengalami peradangan kronis. Hal ini terjadi karena diakibatkan adanya peningkatan sitokin yang dipicu oleh penggunaan hormon insulin yang tidak efektif. Penurunan daya tahan tubuh ini membuat tubuh tidak dapat menangkal penyakit dengan optimal. Lalu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi pasien diabetes? Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan oleh pasien diabetes.

1. Mengatur dan memperhatikan asupan karbohidrat dan kalori dalam makanan

Kenaikan gula darah adalah hal yang paling sering dialami oleh pasien diabetes setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Itulah sebabnya mengatur dan memperhatikan kadar gula darah dengan membatasi makanan berkarbohidrat merupakan hal penting bagi pasien diabetes. Guna memastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi agar Anda tidak mudah mengalami kenaikan gula darah. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang seimbang, baik dalam porsi maupun sumber nutrisi, protein, vitamin, serat, mineral dan sebagainya.

2. Konsumsi makanan penambah imun

Untuk menambah imun tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan sumber antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab penyakit dan mencegah infeksi. Makanan yang Anda konsumsi juga harus mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk daya tahan tubuh seperti mineral selenium, tembaga serta vitamin B.

3. Menerapkan pola tidur yang disiplin dan tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko turunnya sistem kekebalan tubuh, apalagi bagi Anda yang juga merupakan seorang pasien diabetes. Perlu Anda ketahui, kurang tidur dapat mengacaukan sistem keseimbangan hormon dan zat kimia lainnya di dalam tubuh Anda yang berperan penting untuk menjaga  sistem imunitas tubuh. Tidur yang sangat membantu dalam memperbaiki kerusakan pada sel serta jaringan tubuh.

4. Berolahraga dengan teratur dan berkelanjutan

Rutin berolahraga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka, orang diabetes sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur atau selalu aktif bergerak. Olahraga dengan intensitas yang rendah sekalipun mampu meningkatkan asupan oksigen dan melancarkan aliran darah.

Ilustrasi (c) Unsplash.com