Return to site

Tips Untuk Membantu Membuat Hidup Dengan Diabetes Sedikit Lebih Mudah Dikelola

July 16, 2021

Menjaga kesehatan Anda bisa menjadi tantangan sehari-hari, apalagi hidup dengan diabetes. Ada banyak hal yang perlu diingat saat Anda melakukan managemen diabetes sehari-hari, seperti asupan makanan, olahraga setiap hari, tingkat stres, dan bahkan kesehatan umum. Dan, menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang diinginkan adalah tindakan penyeimbangan yang baik dengan pemantauan konstan. Dari kadar gula hingga risiko kesehatan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu membuat hidup dengan diabetes sedikit lebih mudah dikelola.

1. Memantau Kadar Gula

Menurut CDC (Pusat Pengendalian Penyakit Amerika), sebagian besar makanan yang Anda makan dipecah menjadi gula dan kemudian dilepaskan ke aliran darah Anda sebagai sumber energi tubuh Anda.

  • Jika gula darah terlalu tinggi, seiring waktu, Anda dapat masalah kesehatan jangka panjang yang serius.
  • Jika kadar gula darah terlalu rendah, maka risiko kesehatan lainnya dapat terjadi seperti sakit kepala, gemetar, pingsan, dan masalah lainnya.
  • Penting untuk memantau kadar gula untuk membantu mencegah komplikasi kesehatan yang serius.

2. Lindungi Kaki Anda

Seiring waktu, kerusakan saraf dapat terjadi dan memengaruhi kemampuan Anda untuk merasakan sakit, panas atau dingin. Jika Anda kehilangan sensasi di kaki Anda, Anda mungkin tidak merasakan lepuh, iritasi kulit, luka terbuka atau air yang terlalu panas atau dingin. Sirkulasi yang buruk, komplikasi diabetes umum lainnya, bersama dengan masalah kaki ringan, dapat menyebabkan infeksi kaki besar atau komplikasi kesehatan kaki lainnya jika tidak ditangani lebih awal. Penting untuk memeriksa kaki Anda setiap hari, memakai alas kaki yang cocok untuk pasien diabetes dan menjaga kebersihan kaki Anda.

3. Pertahankan Berat Badan yang Sehat dan Tetap Aktif

Aktivitas fisik penting untuk dipertahankan saat hidup dengan diabetes dan tidak sesulit yang Anda kira untuk tetap aktif. Menurut CDC, melakukan sekitar 150 menit aktivitas sedang per minggu dapat membantu mencegah masalah kesehatan. Cobalah untuk melakukan sekitar 20 hingga 25 menit aktivitas per hari serta olahraga seluruh tubuh setidaknya dua kali seminggu

Saat berolahraga, kenakan kaus kaki katun dan sepatu atletik yang pas dan nyaman. Setelah beraktivitas, periksa kadar gula darah Anda serta kaki Anda untuk memastikan Anda tidak memiliki luka. Ini akan membantu Anda mencegah komplikasi serius di kemudian hari.

Ilustrasi (c) Unsplash.com