Return to site

Tips Perawatan Diabetes Selama Pandemi COVID-19

January 22, 2021

Pandemi ini telah mengingatkan kita dan juga telah memberi kita kesempatan untuk mengontrol apa pun yang dapat dikontrol demi menjaga kesehatan kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita. Bagi Anda yang terkena diabetes, ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai meningkatkan kebiasaan sehat untuk mendalikan dalam menangani diabetes tipe 2 yang Anda alami. Diabetes yang Anda alami akan meningkatkan komplikasi jika juga terinfeksi virus corona. Maka dari itu, demi kesehatan Anda secara pribadi dan menghindari komplikasi yang disebabkan oleh COVID-19 dan diabetes dalam diri Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda jalankan:

1. Minum obat Anda sesuai petunjuk dokter

Banyak beredar informasi palsu (hoax) yang mengatakan bahwa mengonsumsi obat diabetes atau tekanan darah tinggi membuat Anda lebih rentan tertular virus. Itu tidak benar. Jika Anda berhenti minum obat yang diresepkan oleh dokter, Anda sedang mempersiapkan diri untuk komplikasi serius. Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal diabetes yang dipersembahkan oleh DMPhas yang dapat Anda beli secara online tanpa harus keluar rumah untuk menjaga manajemen diabetes Anda tetap berjalan dengan baik

2. Tetap aktif selama Anda di rumah

Berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap bisa menjadi orang yang aktif selama di rumah untuk penderita diabetes:

Olahraga seperti berjalan kaki dan mengangkat beban ringan penting selama menjalankan manajemen diabetes. Ini dapat membantu Anda mencapai berat badan yang sehat, yang dapat meningkatkan kontrol gula darah Anda. Olahraga juga dapat mengurangi risiko Anda terhadap masalah kronis lainnya, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Kedua, tetap aktif membangun peluang untuk memantau kesehatan kaki Anda. Neuropati, atau hilangnya sensasi pada ekstremitas bawah, sering terjadi pada penderita diabetes. Jika Anda memiliki masalah pada kaki yang disebut mati rasa, maka ketika menginjak benda yang tajam/dapat membuat kaki Anda terluka, Anda mungkin tidak merasakannya. Luka tersebut dapat semakin parah dan menyebabkan infeksi serius yang sulit dikendalikan.

Ketiga, adalah dengan selalu berusaha untuk meringankan beban pikiran agar terhindar dari stress. Tahukah Anda, bahwa olahraga sangat bagus untuk kesehatan mental Anda. Bahkan olahraga ringan seperti jalan kaki melepaskan hormon "perasaan senang" dari tubuh yang disebut endorfin. Berfokus pada olahraga juga merupakan salah satu bentuk perhatian penuh yang dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Anda juga dapat menonton video senam atau mengikuti kelas olahraga online agar Anda dapat berolahraga dengan baik dan yang terpenting juga tidak membahayakan diabetes yang Anda alami.

3. Makan dengan benar dan hindari terhidrasi

Mengelola nutrisi Anda adalah tindakan penyeimbangan. Anda membutuhkan jumlah yang tepat dan jenis karbohidrat yang tepat untuk menjaga kadar gula darah yang sehat sepanjang hari. Menghindari dehidrasi adalah hal yang dapat menurunkan perasaan yang tidak tenang dalam diri Anda. Dengan konsumsi makanan sehat untuk diabetes dan menghindari dehidrasi, maka Anda dapat mengontrol kadar gula darah Anda dengan baik

4. Jaga kekebalan tubuh Anda
Meskipun tidak ada cara instan untuk meningkatkan kekebalantubuh, tetapi Anda dapat membuat pilihan setiap hari untuk meningkatkan kesehatan Anda. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat apabila Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Penting pula untuk menghindari stres. Suplemen memang dibutuhkan, tapi pastikan suplemen tersebut memang benar-benar dibutuhkan dan disarankan oleh dokter Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com