Return to site

Tips Menjalankan Diet Diabetes Yang Sehat

June 23, 2021

Diet diabetes berarti makan makanan sehat dalam jumlah sedang dan berpegang pada waktu makan yang teratur. Diet diabetes adalah pola makan sehat yang kaya nutrisi secara alami dan rendah lemak dan kalori. Elemen kuncinya adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Faktanya, diet diabetes adalah pola makan terbaik bagi kebanyakan orang, termasuk orang yang bukan pasien diabetes.

Mengapa Anda perlu mengembangkan rencana makan yang sehat?

Jika Anda merupakan pasien diabetes atau pradiabetes, dokter kemungkinan besar akan merekomendasikan agar Anda menemui ahli diet untuk membantu mengembangkan rencana makan yang sehat. Program ini membantu Anda mengontrol gula darah (glukosa), mengatur berat badan, dan mengontrol faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi.

Ketika Anda makan kalori dan lemak ekstra, tubuh Anda menciptakan peningkatan glukosa darah yang tidak diinginkan. Jika glukosa darah tidak dijaga, dapat menyebabkan masalah serius, seperti kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia) yang mana jika hal ini terjadi secara terus-menerus, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Anda dapat membantu menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang aman dengan membuat pilihan makanan sehat dan memantau kebiasaan makan Anda. Bagi kebanyakan pasien diabetes tipe 2, penurunan berat badan juga dapat mempermudah pengendalian glukosa darah dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, diet diabetes menyediakan cara yang teratur dan bergizi untuk mencapai tujuan Anda dengan aman.

Apa saja yang tercakup dalam diet diabetes?

Diet diabetes didasarkan pada makan tiga kali sehari pada waktu yang teratur. Ini membantu Anda menggunakan insulin yang diproduksi atau diperoleh tubuh Anda melalui pengobatan dengan lebih baik. Ahli diet dapat membantu Anda menyusun diet berdasarkan tujuan kesehatan, selera, dan gaya hidup Anda. Ia juga dapat berbicara dengan Anda tentang cara meningkatkan kebiasaan makan Anda, seperti memilih ukuran porsi yang sesuai dengan kebutuhan ukuran dan tingkat aktivitas Anda. Beriku adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk menjalani diet sehat bagi pasien diabetes.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat sehat
    Selama pencernaan, gula (karbohidrat sederhana) dan pati (karbohidrat kompleks) terurai  menjadi glukosa darah. Fokus pada karbohidrat sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, seperti buncis dan kacang polong. Hindari karbohidrat yang kurang sehat, seperti makanan atau minuman dengan tambahan lemak, gula, dan natrium.
  2. Makanan kaya serat
    Serat makanan mencakup semua bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap tubuh Anda. Serat memoderasi cara tubuh mencerna dan membantu mengontrol kadar gula darah. Makanan tinggi serat meliputi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, seperti buncis dan kacang polong, biji-bijian utuh
  3. Ikan yang menyehatkan jantung
    Mengonsumsi ikan yang menyehatkan jantung setidaknya dua kali seminggu. Ikan seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mencegah penyakit jantung. Hindari ikan goreng dan ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti king mackerel.
  4. Lemak sehat
    Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Sumber makanan yang mengandung lemak sehat diantaranya adalah alpukat, minyak kanola, zaitun dan kacang tanah. Tapi ingat, jangan mengonsumsi secara berlebihan, karena semua lemak mengandung kalori tinggi.