Return to site

Tips Membiasakan Jalan Kaki Untuk Mencegah Diabetes

November 19, 2020

Jalan kaki merupakan aktivitas yang paling mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat kesehatan namun aktivitas ini akhir-akhir ini menjadi jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan orang karena hadirnya kendaraan bermotor atau karena aktivitas sehari-harinya berada di kantor. Meskipun jalan kaki mungkin tidak dianggap setara dengan olahraga, akan tetapi jalan kaki tetap menawarkan manfaat kesehatan fisik yang dapat membantu Anda tetap bugar dan sehat untuk kesehatan tubuh Anda jangka panjang. Jalan kaki kurang dari 30 menit sehari dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Ini dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan mood serta dapat memperkuat tulang dan otot Anda.

Manfaat kesehatan berjalan kaki yang disebutkan di atas bersumber dari American Heart Association, National Institutes of Health dan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mulai melakukan aktivitas jalan kaki setiap harinya,

1. Untuk lebih banyak berjalan sepanjang hari atau untuk menambah jumlah langkah Anda, Anda dapat menyetel beberapa pengingat di ponsel Anda untuk meninggalkan meja kerja dan berjalan minimal 500 langkah lagi.

2. Tetapkan waktu untuk menambah langkah Anda yang mudah diambil pada jam-jam awal hari atau setelah Anda selesai dengan jadwal kerja Anda.

3. Anda juga dapat berjalan kaki beberapa meter setelah sampai di rumah, atau setelah makan. Jika Anda bosan berjalan seorang diri, Anda dapat mendengarkan musik favorit Anda, atau menelepon kerabat Anda untuk menemani Anda selama berjalan kaki.

4. Pantau aktivitas berjalan kaki yang Anda lakukan setiap hari. Ini mungkin tidak terlihat seperti diperlukan, tetapi dengan memantau setiap aktivitas berjalan kaki dapat menjadi cara yang efektif untuk mencapai tujuan tertentu yang telah Anda tetapkan untuk menjaga konsistensi berjalan kaki.

5. Berjalanlah dengan langkah yang lebih cepat dari biasanya untuk memicu aktivitas jantung Anda dan berjalanlah di tempat yang ada dalam jangkauan Anda. Jangan tetapkan tujuan Anda untuk berjalan di ruang yang sulit dijangkau pada hari yang padat. Jika tidak ada kesempatan, Anda dapat berjalan kaki di dalam rumah mulai dari teras hingga ke dapur hingga beberapa kali dalam beberapa menit.

6. Usahakan untuk berjalan kaki minimal beberapa meter setiap kali Anda duduk selama 30 menit. Hal ini akan membantu tubuh Anda kelebihan jumlah jam duduk setiap harinya yang juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

7. Tetapkan target 10.000 langkah setiap hari, namun untuk tahap awal Anda dapat memulainya sesuai dengan kemampuan Anda. Misal untuk awal-awal perubahan Anda dapat menetapkan target minimal 1000 langkah yang kemudian dapat Anda tambahkan secara bertahap. Untuk lebih mudahnya, 10.000 langkah akan dicapai dengan kisaran 8 kilo meter atau jika Anda beraktivitas jalan kaki sekitar 1 jam 40 menit. Apabila tidak ada waktu luang dengan waktu tersebut, Anda dapat melakukan separuhnya secara konsisten.

Secara keseluruhan, penting untuk dipahami bahwa berjalan kaki adalah aktivitas yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Ini dapat membuat rileks dan menenangkan pikiran Anda, sekaligus memperkuat Anda, mengurangi risiko sakit punggung, sakit lutut, dan merupakan salah satu aktivitas yang dapat mencegah diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com