Return to site

Tips Manajemen Diabetes yang Sehat

 

September 27, 2021

Menjaga kesehatan ketika Anda memiliki diabetes sangat penting untuk memastikan kualitas hidup lebih baik. Meskipun memiliki diabetes, Anda tetap dimungkinkan untuk menjalani kehidupan yang normal, menyenangkan, dan sehat. Anda tidak boleh membiarkannya mendikte rutinitas Anda. Anda hanya perlu mempelajari manajemen diabetes yang tepat untuk mengendalikan kesehatan Anda. Seiring bertambahnya usia, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengelola diabetes Anda dalam jangka panjang untuk membantu menghindari komplikasi yang timbul.

Tips Manajemen Diabetes yang Sehat

Manajemen diabetes yang tepat termasuk makan sehat, olahraga teratur, minum obat dan tetap mendapat informasi tentang perawatan. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjalani hidup sehat dengan diabetes meliputi:

1. Pilihan makanan sehat

Memilih apa yang akan dimakan, serta berapa banyak dan kapan Anda makan, sangat penting dalam manajemen diabetes. Makan-makanan sehat penting untuk semua orang, bahkan mereka yang tidak memiliki diabetes. Cobalah untuk menghindari makan sebelum tidur karena ini dapat meningkatkan gula darah Anda semalaman saat Anda tidur.

2. Menjaga berat badan yang sehat

Jika Anda kelebihan berat badan, mengurangi sebagian dari kelebihan berat badan itu membantu rencana pengelolaan diabetes Anda, bahkan kehilangan beberapa kilo dapat membantu membuat perbedaan dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Olahraga teratur

Disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit lima hari dalam seminggu. Temukan jenis olahraga yang Anda sukai sehingga tidak tampak seperti kegiatan yang memaksa Anda. Olahraga aerobik membantu menjaga jantung Anda tetap kuat, dan aktivitas seperti berjalan, berenang, dan bahkan berkebun meningkatkan detak jantung Anda.

4. Mengonsumsi obat dengan benar

Minum obat yang diresepkan sesuai petunjuk, ikuti instruksi dokter Anda sejauh mana harus meminumnya dan dosis yang tepat. Pastikan Anda mengetahui kemungkinan interaksi obat, dan simpan daftar terbaru semua obat Anda. Anda dapat menggunakan pengatur pil harian untuk memastikan Anda meminum semua yang Anda butuhkan, dan menyetel alarm untuk mengingatkan Anda kapan waktunya meminum dosis berikutnya.

5. Mengonsumsi camilan yang sehat jika dibutuhkan

Anda masih dapat memasukkan beberapa makanan ringan ke dalam diet Anda, bahkan saat makan sehat. Pelajari cara membuat makanan penutup bebas gula yang lezat dengan membeli buku masak diabetes atau mencari camilan yang cocok untuk diabetes. Membiarkan diri Anda memperlakukan sesekali akan membantu Anda untuk tetap di jalur dengan gaya hidup sehat Anda.

Ilustrasi (c) endocrinologyadvisor.com